Siapa Penemu Sepeda?

Tanggal: 21 Apr 2018 07:40 wib.
Siapa Penemu Sepeda?

 

Beberapa waktu terakhir, Bapak Presiden Jokowi sering memberikan sebuah sepeda sebagai hadiah bagi mereka yang dapat menjawab pertanyaan atau tantangan yang beliau berikan.

Hadiah ini terbilang unik, namun cukup bermanfaat terutama sebagai salah satu sarana berolah raga.

Namun kira-kira sudah ada yang tahu belum ya siapa orang yang pertama kali menciptakan sepeda?

Jika belum, simaklah penjelasan berikut.

Karl Drais tercatat sebagai penemu sepeda yang pertama. Pria yang memiliki nama lengkap Baron Karls Drais von Sauerbronn ini lahir pada tanggal 29 April 1785 di Karlsruhe, Jerman.

Pada mulanya Drais menemukan Laufmaschine yaitu sepeda beroda tiga, atau draisienne. Drais memodifikasi Hobby Horse hingga akhirnya mempunyai mekanisme kemudi pada bagian roda depan. bentuknya sepeda beroda tiga, bentuk awal dari sepeda, namun tanpa pedal.

Namun siapa sangka ternyata terobosan penting yang dilakukan Drais ini  menjadi peletak dasar perkembangan sepeda selanjutnya.

Penemuannya kemudian dimasukkan sebagai prinsip roda dua yang kemudian menjadi dasar untuk sepeda dan sepeda motor dan merupakan awal dari transportasi pribadi mekanik.

Sebagai imbalan atas jasanya, Drais dianugerahi sebuah penghormatan dengan gelar duke pada tanggal 12 Januari 1818.

Sepeda Draisienne memang tak bertahan lama, karena setelah itu, mulai muncul jenis-jenis sepeda baru yang lebih effisien bahkan beberapa di antaranya ada yang sudah menggunakan pedal, walaupun pedal tersebut masih belum sempurna seperti sepeda jaman sekarang.

Dalam perkembangannya, pembuatan sepeda telah banyak mengalami modifikasi dan penyempurnaan dari tahun ke tahun hingga sekarang. Akan tetapi, kita harus tetap berterima kasih kepada Drais, karena sepeda buatannya itulah yang telah menjadi pelopor munculnya sepeda-sepeda modern di dunia seperti saat ini.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved