Pikirkan 3 Hal Berikut Sebelum Memilih Jurusan Saat Kuliah

Tanggal: 15 Mei 2018 13:51 wib.
Pikirkan 3 Hal Berikut Sebelum Memilih Jurusan Saat Kuliah

 

Tak terasa masa SMA yang dijalani selama 3 tahun sudah berlalu. Kini saatnya kamu meninggalkan gelar siswa dan akan disebut mahasiswa (bagi yang melanjutkan pendidikan).

Meskipun dapat melanjutkan pendidikan ke perkuliahan merupakan suatu hal yang membanggakan tetapi saat akan memilih jurusan, tak sedikit yang mengalami kebingungan. Memang tidak mudah untuk memilih jurusan yang tepat untuk diri sendiri. Oleh sebab itu agar tidak mengalami penyesalan dikemudian hari, pikirkanlah terlebih dahulu beberapa hal berikut.

 

1. Pilihlah jurusan sesuai bakat

Program kuliah sarjana ditempuh 3 hingga 4 tahun (waktu yang lumayan lama). Dalam rentang waktu tersebut pasti akan ada suka duka serta masa-masa sulit yang harus dijalani oleh seorang mahasiswa sebelum menyelesaikan perkuliahannya. Salah satu cara agar dapat menikmati masa kuliah tersebut, yakni dengan mempelajari bidang yang benar-benar sesuai dengan minat dan bakat Anda. Minat yang kuat dalam bidang tertentu dapat membuat  Anda tetap bersemangat untuk menghadapi semua tantangan dan kesulitan yang ada sehingga tidak mudah menyerah.

 

2. Jangan ikut-ikutan

Kekompakan  dengan para sahabat masa SMA biasanya terbawa hingga saat akan menentukan jurusan di universitas. Karena ingin tetap bersama dengan para sahabat membuat seseorang memilih jurusan yang sama dengan yang dipilih sahabatnya.

Ada hal harus terlebih dahulu dipertimbangkan sebelum melakukan hal tersebut. Pertama, meski kalian sahabat tetapi kemampuan intelektual, minat, bakat, cita-cita kalian belum tentu sama. Kedua, kegagalanmu di masa depan karena salah memilih jurusan akan menjadi tanggung jawab pribadimu bukan para sahabatmu.

 

3. Pikirkan peluang masa depan

Saat akan memilih jurusan, mulailah dengan mencari jurusan yang peluangnya menjanjikan untuk mendapat pekerjaan setelah lulus kuliah. Misalnya, untuk wilayah perkotaan jurusan IT saat ini bisa jadi peluang yang menjanjikan. Karena banyak sekali dibangun perusahaan baru berbasis teknologi. Karena itu kamu wajib mengetahui jurusan yang dapat membuatmu memiliki pekerjaan kedepan. Sebab, apa gunanya menghabiskan biaya dan waktu yang lama saat kuliah jika setelah lulus tidak bekerja.

 

Itulah beberapa hal yang dapat dipertimbangkan sebelum masuk universitas. Semoga bermanfaat.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved