Perkembangan Mental Anak sangat Dipengaruhi dari Cara Mendidik Orang Tuanya

Tanggal: 4 Jun 2018 22:18 wib.
Tampang.com - Orang tua mana yang tak ingin anaknya menjadi anak yang berprestasi dan membanggakan orang tuanya? pastilah semua itu menjadi harapan orang tua dari anak-anak mereka, namun semua itu akanlah sia-sia jika ada yang salah dari cara mendidik orang tua sendiri.

Perkembangan mental anak sangat dipengaruhi dari cara mendidik orang tuanya. Banyak kasus terjadi anak menjadi tidak nyaman dirumah, bergaul dengan bebas bahkan sampai terlibat kenakalan remaja dan parahnya lagi sampai mengenal narkoba, semua ini karena cara mendidik yang salah dari orang tuanya. 

Beberapa cara mendidik orang tua yang salah terhadap anak yang perlu jadi perhatian semua orang tua :

Mengontrol Anak dengan Berlebihan



Orang tua yang mengontrol anak secara berlebihan mulai dari anak bicara, bergaul dan bersikap saat dirumah dan diluar rumah, sampai apa yang anak pakai selalu dkontrol orang tua. Anak-anak harus mematuhi apa yang dibilang orang tua tanpa boleh membantah. Cara mendidik seperti ini akan membuat anak merasa tidak nyaman dan tersiksa dengan kebebasan mereka. Mungkin baik mendidik anak dengan cara mengontrol anak tapi tidak perlu berlebihan sampai anak merasa terkekang.

Orang Tua yang Kurang Hangat terhadap Anak dan Cenderung Bersikap dingin



Orang tua yang seperti ini biasanya beralasan atau berdalih semua yang mereka lakukan demi kebaikan anak-anaknya. Mereka kurang memberikan perhatian terhadap anak dan memberikan penghargaan jika anak memiliki prestasi. Yang ada hanya marah jika anak mendapatkan prestasi yang kurang memuaskan dan mencaci maki anak seolah tidak menuruti apa yang orang tua ajarkan.

Orang Tua yang Banyak Menuntut Anaknya



Cara mendidik orang tua yang seperti ini tidak mambuat anak malah bersikap lebih baik. Mental anak mudah drop karena tuntutan orang tua yang terkadang tidak sesuai dengan keinginan atau kemampuan anak sendiri. Orang tua yang seperti ini cenderung menyalahkan anaknya seolah anak tidak mematuhi aturan yang dibuat orang tuanya.

Kurang Berkomunikasi dan Komunikasi hanya Satu Arah

Orang tua yang hanya mendidik anak dengan satu arah komunikasi seolah membuat anak tidak boleh memberikan masukan ataua ide anak sendiri. Semua keputusan harus berasal dari orang tua seolah keputusan tersebut menjadi yang terbaik untuk anak-anaknya. Padahal belum tentu apa yang menjadi keputusan orang tua sesuai dengan keinginan anaknya.

Dari cara mendidik seperti diatas, perkembangan mental anak akan sangat terganggu, anak akan melakukan hal-hal yang tidak diinginkan orang tuanya seperti : Tidak nyaman berada dirumah, tidak percaya diri, tidak bahagia, akademik bisa merosot dan susah bergaul dengan teman-temannya.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved