Mengapa Gigi Bungsu Tumbuh di Usia Dewasa?

Tanggal: 25 Mei 2018 21:08 wib.
Tampang.com - Sudahkah Anda mengalami pertumbuhan gigi bungsu di geraham belakang ?



Pertumbuhan gigi bungsu ini jika sudah keluar setengah, dapat menyebabkan bengkak serta rasa nyeri. Bahkan tidak sedikit yang disertai demam.

Pertanyaannya, mengapa gigi geraham bungsu baru muncul diusia dewasa?

Gigi geraham itu ada tiga. Gigi geraham pertama, normalnya tumbuh saat kita berusia 6 tahun. Gigi geraham kedua muncul saat kita berumur 12 tahun.

Gigi geraham yang terakhir atau biasa disebut dengan gigi bungsu sebenarnya tumbuh pada saat Anda berusia sekitar 10 tahun. Namun gigi ini tidak bisa muncul seperti gigi geraham yang lain karena memiliki pertumbuhan berbeda dengan yang lain, hal ini disebabkan oleh ruang yang tidak cukup di dalam rahang Anda. Tidak ada lagi ruang yang tersisa pada gusi yang bisa ditempati gigi bungsu. Hal inilah yang menyebabkan gigi bungsu baru muncul (di beberapa orang) pada rentang usia 17 sampai 25 tahun.

Karena bentuk rahang manusia yang berbeda-beda, hal ini yang menyebabkan pertumbuhan gigi bungsu setiap orang berbeda. Gigi bungsu ini sering terhalang oleh gigi geraham lain yang sudah muncul jika rahang Anda tidak memiliki ruang yang cukup untuk gigi bungsu.

Pertumbuhan gigi bungsu sebenarnya tidak selalu menyebabkan masalah, jika ada cukup ruang dalam gusi.

Rahang yang terlalu kecil dan ada gigi lain yang menghadang jalan keluar gigi bungsu menyebabkan sakit dan ngilu bahkan nyeri. Karena keadaan itu akan membuat gigi baru ini bertumbuh membelok, menyamping, atau tak sealur dengan garis gigi lainnya.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved