Manfaat Membaca Buku

Tanggal: 13 Jun 2018 21:57 wib.
Manfaat Membaca Buku

 

Kegiatan membaca buku akhir-akhir ini telah banyak diabaikan karena alasan kesibukan, maupun karena adanya media yang lebih praktis untuk mendapatkan informasi seperti televisi, radio, maupun media internet. Padahal membaca buku dapat memberikan banyak manfaat bagi kehidupan. Berikut manfaat jika kita suka membaca buku.

 

Dapat Menstimulasi Mental

Otak merupakan salah satu organ tubuh yang memerlukan latihan agar tetap kuat dan sehat seperti organ tubuh yang lainnya. Membaca buku dapat menjaga otak agar bisa tetap aktif sehingga dapat melakukan fungsinya secara baik dan benar. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa dengan membaca buku dapat merangsang mental bahkan dapat mencegah penyakit Alzheimer dan demensia.

 

Dapat Mengurangi Stress

Membaca buku selama beberapa menit dapat membantu menekan perkembangan hormon stress seperti hormon kortisol. Dengan membaca dapat membuat pikiran lebih santai sehingga hal tersebut dapat membantu menurunkan tingkat stress hingga 67%.

Membaca juga dapat menurunkan tekanan darah serta telah terbukti membantu orang yang menderita gangguan mood tertentu dan penyakit mental ringan.

 

Melatih ketrampilan berfikir dan menganalisa

Membaca buku dapat melatih otak untuk dapat berfikir lebih kritis dan  menganalisis adanya masalah yang tersaji dalam apa yang kita baca. Kita seperti mendapatkan akses atau jalan untuk dapat masuk ke dalam alur cerita dan membantu dalam penyelesaian cerita tersebut.

 

Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi

Pada saat membaca buku, kita dapat melatih otak untuk lebih fokus dan berkonsentrasi pada apa yang kita baca. Hal ini akan melatih kita untuk dapat juga lebih fokus dalam melakukan berbagai macam kegiatan atau rutinitas keseharian.

 

Meningkatkan kemampuan menulis

Membaca buku dapat menambah kosakata yang kita miliki. Banyaknya kosakata yang kita miliki dapat membantu untuk membuat karya tulis sendiri dengan bahasa yang sebaik atau bahkan bisa lebih baik dari apa yang telah kita baca sebelumnya.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved