Mabit dan Deklarasi Janji Siswa, Cara Siswa SDIT ABASH Memperingati Sumpah pemuda

Tanggal: 30 Okt 2017 00:49 wib.
Tampang - Sekolah Dasar Islam Terpadu Abu Bakar Ash-Shiddiq (SDIT ABASH) memperingati momentum Sumpah Pemuda dengan cara yang berbeda. Dengan spirit Cinta Al-Quran, siswa-siswi SDIT ABASH melaksanakan MABIT (Malam Bina Iman dan Takwa) yang dilaksanakan mulai hari Jumat (27/10) hingga Sabtu (28/10).

MABIT yang dilaksanakan selama dua hari ini memiliki tema “Ceria dan Berkarya bersama Al-Quran”. Pengambilan tema ini bukan tanpa dasar, selain sebagai spirit untuk meningkatkan semangat siswa untuk mencintai Al-Quran, juga ingin mengenalkan kepada siswa bahwa apapun aktivitas mereka, senantiasa bersama dengan Al-Quran.

“Agenda MABIT ini diharapkan diikuti dengan serius namun santai. Semata-mata, agar kita semakin terbuka dalam mencintai Al-Quran dan juga mengamalkannya.” Jelas Rijal Muharram, Kepala Sekolah SDIT ABASH.

Agenda dimulai dengan pembukaan yang dilanjutkan dengan materi “The Miracle of Quran”. Materi ini diberikan kepada siswa untuk menyadarkan bahwa Al Quran merupakan pedoman hidup yang memiliki beragam keajaiban bagi yang membacanya.

Setelah sajian materi, agenda dilanjutkan denganmelaksanakan shalat Maghrib dan Isya berjamaah. Tidak lupa, momentum murajaah dilaksanakan dengan memulai hafalan juz 30 Al Quran. Agar tidak bosan, agenda pun disisipi dengan permainan yang sangat atraktif sehingga memancing siswa untuk aktif dan bekerjasama dalam permainan.

Sebelum tidur, siswa diajak untuk merenung sejauh mana semangat dalam menghafal AlQuran. Sesi muhasabah ini dipimpin langsung oleh Kepala Sekolah dan berhasil membuat siswa meneteskan airmata. Dalam sesi muhasabah ini, siswa diajak untuk mensyukuri nikmat yang telah Allah berikan dengan bersemangat untuk membaca dan menghafalkan Al Quran. Setelah agenda tersebut, siswa dilanjutkan untuk tidur di kelas yang mendadak disulap menjadi kobong pesantren.

Tidak seperti hari biasanya, esoknya siswa dibangunkan sekitar pukul tiga pagi untuk melaksanakan shalat sunnah tahajud bersama. Setelah itu, dilanjutkan dengan shalat subuh berjamaah dan kajian bakda subuh.

Seluruh siswa bersemangat mengikuti setiap rangkaian agenda hingga akhirnya tiba di penghujung agenda MABIT. Seluruh siswa setelah melaksanakan senam bersama dan games seru, diajak oleh seluruh guru untuk kerja bakti membersihkan sekolah sebagai wujud nyata kecintaan terhadap lingkungan. Setelah kerja bakti, setiap siswa diminta untuk menuliskan harapannya tentang AlQuran pada secarik kertas.



Setelah semua rangkaian agenda selesai, seluruh siswa diminta untuk berbaris rapi dan bersama-sama mendeklarasikan “Janji Siswa” sebagai wujud upaya mewarisi spirit sumpah pemuda.

Berikut teks lengkap “Janji Siswa” yang dibacakan.

JANJI SISWA

Kami siswa siswi Indonesia, mengaku bercita soleh karena Allah Ta’ala

Kami siswa siswi Indonesia, mengaku bercita cerdas bermanfaat bagi sesame

Kami siswa siswi Indonesia, menjunjung tinggi akhlak, Akhlak yang mulia.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved