Cara Memperkenalkan Warna Pada Balita

Tanggal: 25 Mei 2018 21:56 wib.
Tampang.com - Berdasarkan penelitian Dr.Nikki Pitchord dari Universitas Nottingham, Inggris dan Dr.Kathy Mullen dari Universitas McGrill, Kanada tentang perkembangan kognitif warna menemukan pada usia 3 tahun, anak mulai benar-benar kenal warna.

Anak usia 3 tahun bisa menyebutkan warna merah, oranye, hijau, biru, ungu, merah muda, hitam dan putih dengan benar. Namun, anak-anak membutuhkan waktu lebih lama untuk menyebutkan warna cokelat dan abu-abu dengan benar.

 

Mengenalkan warna pada balita sebaiknya dimulai dengan warna-warna primer, yaitu merah, kuning dan biru. Setelah itu, baru dilanjutkan pada warna-warna turunan tiga warna tersebut, seperti hijau, merah muda, oranye dan lain-lain.

 

Setiap kali ingin mengenalkan balita Anda dengan suatu warna baru, gunakan satu hari khusus untuk mengulang-ulang warna tersebut. Pengulangan yang sering dilakukan akan membuat balita semakin cepat untuk mengingat. Lakukan secara terus-menerus setiap hari berkisar 15 hingga 20 menit. Hal ini untuk menyeimbangkan pengetahuan yang ia miliki dengan pertumbuhan saraf otaknya yang sedang maksimal.

 

Adapun media untuk memperkenalkan aneka warna tersebut bisa menggunakan apa saja yang ada di dalam rumah. Bahkan akan lebih baik jika menggunakan benda-benda berwarna yang sering balita gunakan. Misalnya mainannya yang berwarna biru, topinya yang berwarna merah atau botol minumnya yang berwarna kuning.

Semakin sering benda-benda tersebut dia gunakan akan semakin gampang untuk mengingatkannya secara berulang dan terus menerus.

 

Itulah sekilas cara yang dapat dilakukan untuk mengenalkan warna pada balita. Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved