4 Tips Untuk Mahasiswa Baru Agar Mudah Beradaptasi di Lingkungan Kampus

Tanggal: 26 Apr 2018 23:40 wib.
Untuk kamu yang baru menyelesaikan sekolah SMA atau sederajat dan akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi yaitu kuliah tentunya kamu akan menghadapi lingkungan yang berbeda. Itu artinya saat kamu baru menjadi mahasiswa, maka kamu akan menemukan lingkungan yang tidak lagi sama dengan lingkungan sekolah. Mulai dari luasnya kampus, latar belakang rekan-rekan mahasiswa, sistem pengajaran dan sebagainya.

Menjadi mahasiswa merupakan salah satu mimpi terbesarmu saat duduk di bangku SMA bukan? Bagaimana tidak, menjadi mahasiswa memiliki daya tarik tersendiri untuk anak-anak SMA. Ketertarikan itu lebih ke arah bebasnya menjalani perkuliahan, bebas dari aturan rumah yang membosankan dan sebagainya.

Akan tetapi di realitanya tidak sepenuhnya benar, justru saat pertama kali menjadi mahasiswalah kamu akan menghadapi tantangan baru. Untuk itu kamu diwajibkan beradaptasi secepat mungkin agar bisa menjalani perkuliahan dengan baik. Apa saja tipsnya saat menjadi mahasiswa baru di sebuah universitas? Berikut tipsnya untuk kamu.

1. Membuka diri

Saat kamu menjadi mahasiswa untuk pertama kalinya, dapat dipastikan kamu akan bertemu dengan orang-orang dari berbagai latar belakang mungkin suku, agama, budaya, kebiasaan, gaya hidup dan sebagainya. Di kampus yang sama kalian akan dipertemukan untuk tujuan yang sama yaitu kuliah. Meskipun agak berat memang kedengarannya, tetapi satu jalan terbaik untuk bisa beradaptasi adalah membuka diri dengan rekan-rekan mahasiswamu untuk menjadi teman mereka.

2. Cari tahu tentang budaya kampus, informasi fakultas dan jurusan yang kamu pilih

Agar kamu tidak kaget dengan lingkungan kampus dan dunia perkuliahan yang akan kamu jalani, baiknya carilah informasi mengenai kampus dan mengenai jurusan yang kamu pilih agar kamu memiliki bekal pengetahun umum tentang itu.

3. Jangan malu bertanya

Namanya mahasiswa baru pasti banyak tidak tahu tentang kampus, mulai dari tipe dosen, letak gedung atau ruang kuliah yang bisa dikatakan sulit ditemukan, letak laboratorium, dan sebagainya. Supaya kamu cepat mengenali itu semua, bertanyalah kepada seniormu agar kamu cepat menguasai informasi tentang kampusmu sendiri dan tidak kewalahan jika suatu saat teman dari luar kampusmu menanyakan sesuatu kepada tentang sekilas informasi kampusmu.

4. Aktif di Unit Kegiatan Kemahasiswaan (UKM)

Usahakan ketika kamu kuliah bergabunglah dengan UKM di kampus karena itu sangat penting mulai dari saat kamu di kampus hingga nantinya setelah lulus dari perkuliahan. Dengan ikut UKM kamu akan menemukan teman semakin banyak artinya kamu akan semakin banyak relasi. Kemudian kamu akan belajar banyak hal di UKM untuk melatih kepemimpin serta mengasah potensi yang kamu miliki.

 

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved