Tips Merawat Motor Injeksi yang Tepat

Tanggal: 8 Mei 2018 12:06 wib.
Tampang.com - Dunia otomotif semakin berkembang pesat, bahkan saat ini seluruh keluaran motor terbaru hampir semuanya menggunakan teknologi injeksi. Sistem injeksi dipercaya dapat membuat sepeda motor menjadi lebih hemat bahan bakar. Hal ini karena mesin pembakaran telah dikontrol dengan tepat antara pencampuran bahan bakar dengan udara serta lebih baik dari segi proporsi dan lainnya.

Namun, motor injeksi perlu perawatan khusus yang lebih ekstra dari pada sistem sebelumnya. Kondisi motor harus diperiksa secara berkala untuk memastikan performanya tetap dalam kondisi prima. Berikut tips merawat motor injeksi yang tepat :



1. Gantilah oli secara berkala

Lakukanlah pergantian oli setiap dua bulan sekali atau saat motor telah menempuh jarak 1000km. Jangan sampai mesin motor kekurangan pelumas karena akan mengganggu kinerja mesin.

2. Merawat kondisi busi

Busi merupakan pemantik api yang sangat penting dalam proses pembakaran mesin. Lakukan pemeriksaan busi secara berkala untuk memastikan pembakaran mesin bekerja dengan maksimal. Busi yang rusak maka pembakaran mesin pun tidak sempurna dan motor akan kurang bertenaga bahkan tidak menyala.

3. Gunakan bahan bakar dengan kadar oktan yang tinggi

Perawatan motor injeksi paling sederhana yaitu dengan menggunakan bahan bakar dengan oktan 90 ke atas. Penggunaan bahan bakar dengan oktan tinggi dapat menyempurnakan pembakaran mesin motor.

4. Periksa kondisi aki

Motor dengan sistem injeksi sangat bergantung pada kondisi aki untuk menghidupkan mesin saat sistem pembakaran.

5. Periksa kondisi ECU

Electronic Control Unit (ECU) adalah otak dari pengoperasian sistem injeksi pada motor. ECU akan mengatur keseluruhan unit injektor baik takaran bahan bakar yang disemprotkan atau buka tutup klep injektor. Jika kinerja injektor terganggu maka akan membuat motor mogok.

6. Lakukan servis secara teratur

Minimal lakukan servis tiga bulan sekali dan usahakan untuk servis motor injeksi di tempat resmi dengan standar yang telah ditetapkan.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved