Berbagai Tren Di Bidang Otomotif Yang Semakin Canggih

Tanggal: 17 Okt 2021 15:12 wib.
Di dunia otomotif berbagai penemuan dan inovasi terus bermunculan, seperti membuat kendaraan yang terus mengalami perubahan dari masa ke masa. Mobil-mobil paling canggih sepuluh tahun lalu kini sudah ketinggalan zaman, baik desain maupun teknologinya. Apalagi di masa peralihan dari kendaraan konvensional ke kendaraan listrik, perubahannya akan cepat sekali.

Nah, berikut ini adalah  tren di dunia bidang otomotif yang akan mewabah seperti :


Mobil listrik akan mendominasi


Mobil dengan mesin berbahan bakar bensin atau solar akan segera ditinggalkan dan sebagai gantinya, pabrikan mobil akan menggunakan motor listrik. Saat ini bahkan sudah beberapa pabrikan telah memproduksi mobil listrik dan telah menjualnya. Bisa dibilang, era mobil listrik kini tinggal menunggu waktu.


Mobil swakemudi akan mengambil alih driver


Saat ini mobil yang bisa nyetir sendiri atau autonomous car sudah mulai bermunculan. Namun mobil canggih ini baru akan mendapatkan momentum pada beberapa tahun mendastang. Selain bisa mengemudi sendiri, mobil-mobil autonomous juga akan dibekali fitur parkir sendiri. Kalau sudah begitu, pengemudi hanya tinggal duduk manis tanpa perlu repot lagi memegang stir. Keren, ya!


Mobil-mobil akan saling terkoneksi


Tidak hanya elektrifikasi kendaraan dan swakemudi, tren lain yang akan muncul adalah konektivitas antara kendaraan. Jadi kendaraan-kendaraan masa depan akan saling terkoneksi, sehingga bisa meminimalisir kecelakaan. Selain itu kendaraan-kendaraan tersebut juga akan terhubung dengan rambu lalu lintas, sehingga pelanggaran lalu lintas pun bisa ditekan.


Satu mobil untuk bersama


Tren lain yang akan menjamur yaitu konsep berbagi mobil. Dengan konsep ini satu mobil bisa digunakan secara bergantian atau bersama-sama. Dengan begitu pengeluaran bisa ditekan secara maksimal. Model bisnis ini sejatinya sudah mulai diritis, lho!


Software mobil akan diperbaharui secara berkala


Penggunaan mobil listrik dengan segala kecanggihan di dalamnya, membuat tren di masa yang akan datang didorong oleh faktor lainnya, yaitu mobil yang diperbaharui. Seperti halnya software yang harus diupgrade secara berkala. Di masa yang akan datang mobil juga harus diperbaharui melalui sistem teknologi yang ada di dalamnya. Hal ini akan berpengaruh terhadap integritas atau performa mobil tersebut.

Berbagai inovasi di bidang otomotif terus bermunculan. Salah satu inovasi yang mengagumkan adalah brand Mercedes Benz kembli menciptakan tonggak sejarah lain dalam penggabungan manusia dengan mesin melalui penelitian dan pengembangan brain computer interface di mobil. Dilansir dari Pristiwa.com bahwa tekologi BCI memiliki potensi untuk lebih menigkatkan kenyamanan berkendara di masa depan. Teknologi BCI bekerja dengan sepenuhnya secara independen dari ucapan dan sentuhan. 



Dengan penggunaan teknologi BCI akan lebih meringankan pengguna sehingga dapat lebih fokus pada proses berkendara. Lebih lanjut lagi menurut berita yang dimuat di Pristiwa.com jika teknologi BCI ini memungkinkan manusia dapat berinteraksi secara inovatif dengan kendaraan secara langsung. Dengan demikian pengguna bisa merasakan betapa cepat otak mereka terhubung dengan kendaraan. Bisa dikatakan mirip dengan koneksi saraf Na'vi dan alam dalam film blockbuster Hollywood yang visioner berjudul AVATAR.

Ingin mengetahui informasinya lebih lanjut? Kunjungi website Pristiwa.com sebagai sumber berita nomor satu untuk semua pristiwa penting. Kami berdedikasi untuk memberikan berita terbaru dan terakurat untuk Anda, dengan fokus pada keandalan. Pristiwa.com adalah sebuah portal web yang berisi berita dan artikel daring, berbasis di Indonesia. Berbeda dari situs-situs berita dan artikel Indonesia lainnya, Pristiwa.com hanya mempunyai edisi daring dan menggantungkan pendapatan dari bidang iklan.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved