Sejarah Asal Mula Permainan Sepak Bola

Tanggal: 26 Jun 2018 15:22 wib.
Sejarah Asal Mula Permainan Sepak Bola

 

Sepak bola merupakan permainan yang mendunia. Semua orang di dunia tahu tentang permainan tersebut. Sepak bola bahkan telah dijadikan sebagai ajang pertandingan tingkat internasional. Sebelum sepopuler seperti sekarang ini ada beberapa kisah sejarah sepak bola dan asal usul sepak bola dunia. Berikut ulasannya.

 

Berdasarkan cerita masa lalu, permainan sepak bola ini dimulai sejak sebelum masehi yakni pada abad ke 2 dan ke 3. Permainan sepak bola  muncul di negara Tiongkok pada masa dinasti Had. Permainan ini pada awalnya masih sangat sederhana. Yakni dimainkan dengan menggunakan bola yang tebungkus dengan kulit. Bola itu kemudian ditujukan pada gawang berukuran relative kecil. Selain itu, permainan serupa juga terdapat di negara Jepang, mereka menyebut permainan ini dengan nama "kemari".

 

Selanjutnya, permainan sepak bola mulai tenar di negara Italia pada abad ke 16 dan terus berlanjut hingga pertandingan sepak bola ini pun akhirnya terus mengalami perkembangan.

 

Saat mulai dimainkan di Inggris, mereka telah menentukan aturan permainan ini, tetapi karena terjadi suatu masalah berupa kekerasan, raja Edward III memberhentikan olahraga tersebut.

 

Tetapi, pada tahun 1815 olahraga ini lebih ternama dari sebelumnya dan diaplikasikan pada area sekolah maupun kampus. Kemudian di tahun 1863 pada Freemasons Tavern telah memberlakukan peraturan utama dan terpisahkan pula antara olahraga sepak bol tersebut dengan rugby.

 

Pada era 1800-an, pertandingan sepak bola turut dimainkan oleh deretan tentara, pelaut dan pedagang di Inggris dan akhirnya tersebar mendunia. Sampai  pada saat ini di seluruh duni tidak ada yang tidak tahu tentang permainan sepak bola. Dan permainan sepak bola telah dimainkan oleh siapa saja.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved