Korea Utara Mengirim Atlet, Pemain dan Rombongan ke Olimpiade

Tanggal: 9 Jan 2018 16:17 wib.
Korea Utara mengatakan dapat mengirim delegasi besar atlet, pemain dan pejabat ke Olimpiade Musim Dingin bulan depan.

Kedua Korea mengadakan pertemuan tingkat tinggi pada hari Selasa untuk pertama kalinya dalam dua tahun. Sebuah diskusi umum antara para pejabat dimulai pukul 10 pagi waktu Seoul di Peace House yang terletak di desa perbatasan Panmunjom.

Kedua belah pihak "berbagi pandangan untuk memperbaiki hubungan antar Korea seperti partisipasi Utara dalam Olimpiade Musim Dingin PyeongChang dan hal-hal lain yang menjadi kepentingan bersama," menurut Chun Hae-sung, Wakil Menteri Unifikasi Seoul pada sebuah briefing setelah pertemuan tersebut.

Pejabat Seoul meminta Korea Utara untuk mengirim banyak atletnya dan sebuah tim bersorak ke Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang, Yonhap melaporkan.

Korea Utara menanggapi bahwa hal itu bisa mengirim delegasi atlet, pemandu sorak, dan pejabat tinggi termasuk anggota badan Olimpiade. Ini juga mengusulkan tim pengirim wartawan, artis dan praktisi Taekwondo.

Korea Utara juga menunjukkan kesediaan kedua Korea untuk membuat pintu masuk bersama di Olimpiade, kata Chun.

Dia mengatakan bahwa utusan kepala dari masing-masing pihak membahas rincian spesifik dan bertukar pandangan mengenai isu-isu lain yang menjadi kepentingan bersama, setelah sesi umum selama satu jam pada pengaturan Olimpiade.

Korea Selatan meminta perundingan Palang Merah antar Korea untuk mengatur reuni anggota keluarga yang terpisah di sekitar Tahun Baru Imlek, News 1 melaporkan.

Mereka juga meminta perundingan militer untuk mencegah bentrokan yang tidak disengaja di sepanjang garis demarkasi militer, serta dialog mengenai "denuklirisasi dan penghentian tindakan yang menimbulkan ketegangan di semenanjung."

Pejabat Korea Utara mengatakan kedua Korea harus "memastikan perdamaian di Semenanjung Korea, bertujuan untuk rekonsiliasi dan persatuan dan menyelesaikan masalah melalui dialog dan negosiasi," menurut Chun.

Wakil menteri mengatakan kedua belah pihak harus "membentuk sebuah lingkungan" untuk melanjutkan diskusi mengenai rincian spesifik dari isu-isu tersebut.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved