Ganda Putra Indonesia Marcus dan Kevin Jawara Tiongkok Open 2017

Tanggal: 20 Nov 2017 07:19 wib.
 

Pencapaian ganda putra terbaik Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo boleh dibilang meledak tahun ini. Lima gelar pada turnamen selevel Super series (SS) dan super series premier (SSP), bukanlah prestasi sembarangan. Satu gelar terakhir mereka persembahkan di Tiongkok Open SSP 2017 kemarin (19/11).

 

Di final kemarin, Marcus/Kevin menjungkalkan salah satu seteru mereka, Mathias Boe/Carsten Mogensen, dua game langsung, 21-19, 21-11. Pada laga yang berlangsung di Haixia Olympic Sports Center, Fuzhou, Tiongkok, pasangan nomor satu BWF itu tampil impresif sejak awal pertandingan.

 

Secara teknis, permainan cepat yang diterapkan Marcus/Kevin membuat Boe/Mogensen kewalahan. Bahkan, setelah tampil melawan pada game pertama, pasangan veteran Denmark itu seakan kehilangan daya pada game kedua dan selanjutnya menyerah, 21-11.

 

Kemenangan tersebut membuat Marcus/Kevin mempertahankan gelar pada turnamen yang sama tahun lalu. Lawan mereka kan pun sama halnya dengan tahun ini, Boe/Mogensen yang dibantai dalam dua game pertandingan juga.

 

Rekor pertemuan kedua pasangan memang masih menjadi milik Boe/Mogensen. Setelah pertandingan final kemarin, rekor masih 4-3 untuk keunggulan pasangan 37 tahun-34 tahun tersebut.

 

Marcus mengakui, game pertama cukup berat dia lewati. “Kami berusaha tetap fokus,” sebutnya. Apalagi poin ketat tersaji pada game pertama, 21-19 untuk kemenangan Marcus/Kevin. 

 

Pada pertemuan terakhir, pasangan yang baru berpartner pada 2015 itu juga mendulang kemenangann kala tampil di Japan Open Super Series. Sedangkan satu pekan sebelumnya mereka tergelincir dan hanya menjadi nomor dua di Korea Open SS 2017. Mereka juga disingkirkan Boe/Mogensen di partai final.

 

Hasil tersebut menjadi catatan penting bagi mereka dan tim pelatih. Aryono Miranat, asisten pelatih ganda putra Indonesia menyampaikan bahwa poin penting kemenangan anak didiknya kemarin tidak lepas dari menurunnya perdorma Boe/Mogensen. “game pertama terlihat normal, tapi game kedua gak nyangka juga bisa cepat, pasangan Denmark sudah hopeless tertinggal jauh,” ujarnya.

 

Selain itu, faktor permainan konsisten dan cenderung stabil membuat Marcus/Kevin menjadi ganda putra pertama Indonesia yang mendulang lima gelar di turnamen SS/SSP. Mereka masih punya kesempatan menambah raihan gelar dari Hogkong Open SS pekan depan dan Super Series Masters Finals di Dubai Desember mendatang. 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved