Tumpahan Minyak Mengekspos Masyarakat Adat ke Logam Beracun

Tanggal: 10 Feb 2018 20:26 wib.
Para ilmuwan telah mengidentifikasi peningkatan kadar logam berbahaya pada penduduk asli yang tinggal di dekat tumpahan minyak.

Temuan - yang diterbitkan minggu ini di jurnal Environmental Health - baru terakhir untuk menyoroti bahaya lingkungan yang signifikan yang dihadapi oleh masyarakat yang sudah rentan.

Studi ini dilakukan oleh tim peneliti dari Institut Barcelona untuk Kesehatan Global, ISGlobal, di Spanyol, dan Pusat Kesehatan Nasional untuk Kesehatan dan Perlindungan Kesehatan Nasional Peru. Para ilmuwan mengukur kadar merkuri, kadmium, timah dan arsenik pada orang-orang yang tinggal di San Pedro dan Cuninico, dua komunitas Kukama asli.

Kedua komunitas tersebut terkena dampak oleh sepasang tumpahan minyak besar akibat pecahnya pipa di Peru Utara.

"Terlepas dari kenyataan bahwa banyak orang di daerah tersebut telah terpapar kontaminasi akibat kegiatan ekstraktif, hampir tidak ada penelitian yang menilai dampak kontaminasi terhadap kesehatan orang-orang yang tinggal di dekat zona ekstraksi, yang sering terpapar. untuk tumpahan minyak, "kata peneliti ISGlobal Cristina O'Callaghan Gordo dalam sebuah rilis berita.

Gordo dan rekan penelitiannya mengumpulkan dan menguji sampel darah dan urin dari 130 penduduk asli. Mereka menemukan kadar merkuri 50 persen lebih besar dari nilai ambang batas yang dianggap aman. Anak-anak memiliki tingkat paparan merkuri yang lebih tinggi.

Kontaminasi merkuri telah dikaitkan dengan masalah neurologis, psikologis, ginjal, pernafasan dan kardiovaskular.

Periset menemukan 17 persen populasi diuji di atas ambang batas kadmium, logam berat yang terkait dengan kerusakan ginjal dan gagal ginjal, serta kanker paru-paru, prostat dan ginjal.

Para ilmuwan juga menemukan bahwa 19 persen anak-anak di bawah usia 10 tahun memiliki tingkat timbal yang tinggi - tingkat yang cukup besar untuk menjadi perhatian. Studi telah menemukan hubungan antara paparan timbal balik dan kelainan neurologis dan kelainan perilaku.

Periset menyarankan agar lebih banyak pekerjaan perlu dilakukan untuk melacak bahaya lingkungan yang dihadapi oleh masyarakat adat dan mengidentifikasi sumber kontaminasi dan pemaparan.

"Tumpahan minyak mungkin menjadi sumber paparan logam-logam ini, walaupun sumber lain tidak dapat dikesampingkan, terutama dalam kasus merkuri, yang juga terkait dengan kegiatan umum lainnya di Amazon Peru, seperti penggundulan hutan dan penambangan emas," kata Gordo.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved