Ternyata Ini Alasan Mengapa Air Tidak Pernah Habis

Tanggal: 17 Agu 2017 06:54 wib.
Tampang.com - Air merupakan sumber kehidupan bagi semua makhluk bumi, maka tak heran jika dua pertiga bumi merupakan air.

 

Namun, apakah anda pernah bertanya mengapa air di bumi tak pernah habis? Meskipun air selalu digunakan oleh semua makhluk bumi.

 

Pada dasarnya, alasan mengapa air tak pernah habis karena akibat dari siklus air.

Dimana terjadi proses turunnya air (H20) yang terjadi di atmosfer ke Bumi, lalu air tersebut kembali lagi ke atmosfer. Peristiwa inilah yang disebut dengan siklus air (water cycle). Hal ini yang membuat kondisi air yang ada di Bumi berputar dan tidak akan habis.



Untuk siklus tersebut berfungsi, matahari memiliki peran penting didalamnya.

Dalam siklus air terdapat beberapa aktivitas seperti evaporasi, yang merupakan proses penguapan yang berasal dari laut yang dibantu oleh matahari.

Penguapan ini terjadi dengan hanya menyerap kandungan pelarut (air/H2O). Hal tersebut menyebabkan zat yang terlarut memiliki konsentrasi yang tinggi. Selain itu, penguapan yang terjadi juga berasal dari permukaan bentangan air.

Kadar garam yang terdapat pada air laut sendiri menambah proses terjadinya evaporasi yang semakin tinggi. Sehingga, uap air laut menuju ke atas.

Uap yang berkumpul di atas dari air laut tersebut akhirnya menjadi sebuah awan di langit. Semakin banyaknya awan yang ada, mereka akan terus menggumpal dan mengalami titik jenuh sehingga mengalami kondensasi. Akhirnya, air tersebut berubah dan diturunkan dalam bentuk air hujan.

Air hujan itu kemudian membasahi permukaan bumi. Air hujan yang jatuh nantinya akan dimanfaatkan oleh manusia dalam berbagai aktivitas.

Selain itu, air hujan yang turun juga akan terserap ke dalam permukaan tanah. Hal ini yang selalu terjadi pada kondisi air yang ada di Bumi, sehingga jumlah air tidak pernah habis.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved