Ternyata Gajah Lebih Cerdas Dari yang Kita Duga

Tanggal: 2 Jul 2017 21:03 wib.
Gajah dikenal sebagai hewan yang memiliki kecerdasan tinggi. Apakah hal ini benar, setidaknya bisa kita lihat dari hasil percobaan sederhana yang baru-baru ini dilakukan.

Tes baru yang dilakukan yang disebut "tipuan sederhana", melibatkan gajah untuk memungut tongkat dan menyerahkannya kepada seorang peneliti.

Namun beberapa kali tongkat itu diikatkan pada tikar tempat dimana gajah itu berdiri. Ini berarti mereka harus menyadari bahwa tubuh mereka sendiri mencegah mereka untuk menyerahkan tongkat tersebut.

Secara mengejutkan gajah-gajah itu menyadari bahwa tubuh mereka menghalangi dan turun dari tikar untuk menyelesaikan tugas itu.

Para ilmuwan di balik studi tersebut mengatakan bahwa hewan yang mampu melakukan perilaku semacam ini mungkin juga lebih baik dalam empati dan dapat mempertimbangkan perspektif orang lain.

Dr Josh Plotnik, seorang peneliti yang berkunjung di Cambridge University, mengatakan: "Ini adalah tes sederhana yang menipu, namun implikasinya cukup mendalam."

"Gajah-gajah mengerti bahwa tubuh mereka menghalangi jalan, jadi mereka melangkah ke samping untuk memungkinkan diri mereka menyelesaikan tugas itu. Dalam tes serupa, ini adalah sesuatu yang anak-anak tidak dapat mengerti sampai mereka berusia sekitar dua tahun.

"Ini menyiratkan bahwa gajah mungkin bisa mengenali diri mereka sendiri sebagai terpisah dari benda atau lingkungannya. Ini berarti bahwa mereka mungkin memiliki tingkat pemahaman diri."

 

Sumber: independent.co.uk
Copyright © Tampang.com
All rights reserved