Rotasi Ledakan Radio Cepat Menunjukkan Asal-Usul Ledakan Kosmik

Tanggal: 12 Jan 2018 13:32 wib.
Dengan menganalisis rotasi unik FRB 121102, ledakan radio cepat yang ditemukan oleh astronom Cornell, para ilmuwan telah dapat mempelajari sifat asal kosmiknya.

Saat mempelajari denyut nadi gelombang radio raksasa, para periset menyadari ombaknya berputar, atau "memutar dan berteriak," saat mereka melewati selubung plasma yang magnetis. Lengkungan mewakili apa yang disebut rotasi Faraday, sementara teriakan menerangkan semburannya.

Dengan mengukur dua fenomena ini, para ilmuwan dapat lebih memahami kondisi kosmis yang mengilhami denyut nadi gelombang radio yang besar.

"Ini penginderaan jarak jauh dari 3 miliar tahun cahaya," kata astronom James Cordes dalam sebuah siaran pers. "Pengukuran baru ini memungkinkan kita untuk lebih spesifik tentang lingkungan sekitar sumbernya."

Ledakan radio cepat pertama, Lorimer Burst FRB 010724, dijelaskan pada tahun 2007. Ditemukan di antara data arsip yang dicatat oleh Observatorium Parkes pada tahun 2001. Sejak itu, puluhan FRB telah ditemukan.

Tapi FRB 121102 itu unik. Putarannya 500 kali lebih besar dari semua ledakan radio cepat lainnya yang tercatat. Pemutaran ekstrem FRB menunjukkan bahwa ia melewati medan magnet yang sangat kuat yang dihasilkan oleh selubung plasma yang padat.

Penemuan - yang dijelaskan minggu ini di jurnal Nature - menunjukkan sumber FRB 121102 terletak di dekat lubang hitam supermasif atau bintang neutron muda.

"Kami memperkirakan medan magnet dan kerapatan gas yang mengelilingi sumber ledakan, dan kami dapat menghubungkannya, misalnya dengan model yang melibatkan magnetar muda - bintang neutron dengan medan magnet yang sangat besar - ke mesin pusat yang menghasilkan semburan, "kata Cordes.

Awalnya ditemukan pada tahun 2014 dengan menggunakan data yang diobservasi pada tahun 2012, para ilmuwan sejak itu telah mengukur pulsa berulang yang berasal dari FRB 121102. Selain reputasinya yang unik, sumber FRB juga unik. Berlangsung hanya beberapa milidetik, pulsa tunggal menghasilkan energi sebanyak yang dihasilkan matahari dalam sehari.

"Ini eksotis Jika kita memiliki salah satu dari ini di sisi lain galaksi kita sendiri - Bima Sakti - ini akan mengganggu radio di Bumi, dan kita akan memperhatikan, karena akan memenuhi tingkat sinyal pada ponsel cerdas kita. , "kata peneliti Shami Chatterjee. "Apa pun yang terjadi di sana menakutkan, kami tidak ingin berada di sana."
Copyright © Tampang.com
All rights reserved