Ribuan Orang Mulai Mengubur 60 Orang Tewas Ketika Dunia Bereaksi Terhadap Kekerasan di Gaza

Tanggal: 15 Mei 2018 21:42 wib.
Ribuan orang mulai menghadiri pemakaman Selasa bagi puluhan orang Palestina yang tewas dalam bentrokan dengan pasukan Israel di Gaza pada hari yang sama ketika Amerika Serikat secara kontroversial memindahkan kedutaannya ke Yerusalem.

Ketika aktivitas di perbatasan Gaza-Israel tenang pada hari Selasa, lebih banyak demonstrasi - dan mungkin lebih banyak kekerasan - diperkirakan akan dilanjutkan setelah beberapa pemakaman.

Pemakaman akan dimulai pada ulang tahun ke 70 dari apa yang disebut orang Palestina sebagai Hari Nakba - pemindahan massal orang-orang Palestina di wilayah itu setelah penciptaan Israel pada bulan Mei 1948.

Pada pertemuan darurat, Presiden Otoritas Palestina Abbas mengatakan pemogokan umum dan tiga hari berkabung akan dimulai Selasa.

Kelompok-kelompok Palestina mengatakan mereka berniat mengekang protes, tetapi militer Israel mengatakan itu mempersiapkan lebih banyak konfrontasi di perbatasan Gaza.

Pemakaman Selasa mengikuti kekerasan Senin yang bertepatan dengan demonstrasi massal terhadap pembukaan Kedutaan Besar AS di Yerusalem, yang termasuk penasehat presiden Ivanka Trump dan Jared Kushner dan pesan video dari Presiden Donald Trump.

Tentara Israel mengatakan mereka melepaskan tembakan ke arah 10.000 "pengunjuk rasa kekerasan," menewaskan sedikitnya 60 orang Palestina dan melukai sekitar 2.700 orang. Itu adalah hari paling mematikan di Gaza sejak 2014.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan militernya bertindak untuk membela diri melawan kelompok militan Palestina Hamas. Pasukan Pertahanan Israel menuduh Hamas, yang mengontrol Gaza, "memimpin operasi teroris" dan menghasut para pemrotes.

Selasa, Amerika Serikat memblokir pernyataan Dewan Keamanan PBB yang menyerukan "penyelidikan independen dan transparan" terhadap kematian Senin.

Pernyataan itu, yang disusun oleh Kuwait, menyatakan "kemarahan dan kesedihan" dan menuntut semua negara mematuhi resolusi untuk menempatkan misi diplomatik di Yerusalem.

Rusia mengatakan situasi di Gaza menyebabkan "keprihatinan mendalam."

Jurubicara Kremlin, Dmitry Peskov, yang memperhatikan keprihatinan masa lalu tentang langkah Jerusalem, mengatakan mereka berharap Amerika Serikat, PBB dan Uni Eropa akan "menahan diri dari tindakan yang dapat meningkatkan ketegangan."

Presiden Turki Recep Tayyip ErdoÄŸan mengatakan ia akan menarik duta besarnya dari Israel dan Amerika Serikat untuk "konsultasi" dan menempatkan kesalahan pada "genosida" hari Senin di Netanyahu dan Trump. Afrika Selatan juga memanggil kembali duta besarnya.

"Kami akan terus berdiri bersama saudara-saudara Palestina kami," katanya.

Netanyahu menyebut pemimpin Turki itu "di antara pendukung terbesar Hamas" dan menasihatinya untuk "tidak berkhotbah tentang moralitas."

"Tindakan yang tepat, tegas dan mendesak diperlukan untuk mengakhiri pembunuhan brutal yang berlangsung terus menerus terhadap ribuan orang yang tak berdaya di tangan Zionis pendudukan," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Bahram Qassemi, seraya mengatakan "kejahatan" Israel dihasilkan dari "AS yang tak tergoyahkan" mendukung."

Menteri Luar Negeri Inggris Boris Johnson mengatakan dalam sebuah pernyataan, London "sedih karena kehilangan nyawa."

"Kami tidak setuju dengan keputusan AS untuk memindahkan kedutaan dan kami terus meyakini bahwa bermain kartu yang salah pada waktu yang salah."

Perserikatan Bangsa-Bangsa memperingatkan orang-orang di wilayah itu, dengan mengatakan, "siapa pun yang bertanggung jawab ditembak mati atau terluka: perempuan, anak-anak, pers, responden pertama, pengamat."
Copyright © Tampang.com
All rights reserved