Pulau Karang Terbesar di Dunia Salah Satunya Ada di Indonesia

Tanggal: 25 Mei 2018 20:48 wib.
Tampang.com - Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan. Terdapat 17.000 pulau yang menghiasi nusantara.

Di antara begitu banyak pulau indah, Indonesia terdapat sebuah kepulauan unik bernama Taka Bonerate. Mengapa unik? Karena kepulauan ini didominasi oleh 'atol' atau kawasan terumbu karang, yang hanya ada satu di Indonesia.

Taka Bonerate bahkan memiliki atol terbesar ketiga di dunia setelah Kwajifein di Kepulauan Marshall dan Suvadida di Kepulauan Maladewa. Luas total dari atol di Taka Bonerate 220.000 hektare dengan sebaran terumbu karang mencapai 500 km².



Kepulauan Taka Bonerate terletak di Laut Flores bagian utara, sebelah tenggara Pulau Selayar, Sulawesi Selatan. Nama Taka Bonerate sendiri dalam bahasa Bugis berarti 'hamparan karang di atas pasir'.

Jika berkeliling di kawasan ini, Anda dapat menyaksikan gugusan pulau-pulau karang terhampar luas, serta 21 buah pulau kecil yang terbentuk dari endapan pasir dan pecahan terumbu karang.

Sejak Tahun 2005 Taman Nasional Taka Bonerate telah di calonkan ke UNESCO untuk menjadi Situs Warisan Dunia. Dalam rangkaian Hari jadi Kepulauan Selayar di lokasi ini setiap tahunnya diadakan festival yang bertajuk Sail Taka Bonerate atau sebelumnya disebut Takabonerate Island Expedition (TIE).

Menjelang masa liburan yang akan sebentar lagi, menjadikan Taka Bonerate sebagai tujuan berlibur Anda dan keluarga tidak akan rugi.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved