Perbaikan Tanggul Kali Pulo Terkendala Hujan Deras

Tanggal: 25 Nov 2017 11:16 wib.
Tampang.com - Pasukan Biru dari Suku Dinas Tata Air Jakarta Selatan terus melakukan pengerjaan perbaikan di lokasi tanggul jebol di kawasan RW 6 Jatipadang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Namun, perbaikan belum bisa maksimal karena terkendala cuaca.

Perbaikan baru dilakukan sementara dengan kayu dolken dan karung pasir oleh Pasukan Biru, Jumat (24/11). Lambatnya proses perbaikan tanggul membuat cemas warga di kawasan itu.

Pasalnya, hujan deras terus mengguyur Jakarta dan sekitarnya, sehingga dikhawatirkan banjir akan kembali datang. Kasudin Tata Air Jakarta Selatan Holi Susanto mengatakan, tanggul jebol di Kali Pulo dan menimpa warga di RW 6 Jatipadang sudah kali ketiga. 

Maka itu, selain perbaikan tanggul jebol, pihaknya juga terus melakukan proses pengerukan sungai sebagai bagian program normalisasi. Namun diakui, normalisasi sungai juga masih terkendala bangunan liar di bantaran kali.

Pengamat Perkotaan, Nirwono Joga menegaskan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI harus segera melakukan inspeksi ke seluruh tanggul yang ada. Kemudian, buat data dengan membagi tanggul dalam tiga kelompok.

Pertama, kelompok merah-kritis yang harus langsung diperbaiki. Kedua, kuning-perbaikan sementara harus terus dipantau. Ketiga, kategori hijau artinya aman.

Dari data itu, Nirwono berharap bisa menjadi informasi penting bagi warga di sekitar tanggul. ”Jadi warga harus diberi tahu. Khususnya yang tinggal di kelompok merah. Untuk mencegah jatuhnya korban jiwa,” sarannya.

Tak hanya itu, di lokasi tanggul jebol yang terdampak banjir harus juga ada peringatan sejak dini, jalur dan tempat evakuasi serta tempat pengungsian yang layak bagi korban banjir. Ketua RW 06 Jatipadang Arief Syarifuddin, 37, menuturkan, warga berharap kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan agar Kali Pulo segera di normalisasi. ”Kali Pulo pun lama kelamaan menyempit dan menjadi banjir jika hujan deras dalam waktu lama,” pintanya. 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved