Lava Menghancurkan 82 Struktur Saat Letusan Berlanjut di Hawaii

Tanggal: 27 Mei 2018 19:13 wib.
Jumlah struktur yang dihancurkan oleh lava vulkanik Kilauea naik menjadi 82 pada hari Jumat, naik dari 50 awal pekan ini, ketika petugas pemadam kebakaran pergi dari pintu ke pintu di Leilani Estates mendesak warga yang tetap pergi.

Pihak berwenang memperkirakan jumlah itu akan meningkat seiring dengan meletusnya erupsi di zona keretakan timur bawah Kilauea. Para pejabat memperingatkan bahwa tidak ada celah. 7 dan 21 memberi makan aliran yang mengancam lebih banyak rumah.

"Kami telah melakukan begitu banyak kegiatan dalam beberapa hari terakhir," kata Administrator Pertahanan Sipil Kabupaten Hawaii, Talmadge Magno dalam konferensi pers. "Kami mungkin mendapat lebih banyak [rumah hancur] karena lebih banyak struktur yang diambil dalam 24 jam terakhir."

Korps Marinir AS mengirim dua helikopter untuk membantu evakuasi jika perlu, karena ratusan dari mereka yang sudah dievakuasi menunggu dan menunggu, berharap rumah mereka akan selamat.

Helikopter masing-masing dapat membawa hingga 43 penumpang dan bersama-sama dapat mengevakuasi sekitar 400 orang dalam empat jam, kata Mayor David Bachta, komandan pasukan untuk Skuadron Helikopter Laut Berat 463.

Banyak rumah juga menderita kerusakan struktural dari pelebaran retakan di bumi, terbentuk ketika magma yang mengalir di bawah bumi merusak tanah.

Awal bulan ini, Presiden Donald Trump menyatakan Hawaii sebagai zona bencana, membersihkan jalan bagi bantuan pendanaan federal mengingat serangkaian gempa bumi yang telah mengguncang Big Island sejak 3 Mei, memicu beberapa letusan lava dan abu vulkanik.

Pada hari Senin saat lava dari gunung berapi mendekati samudera, Observatorium Gunung Api Hawaii memperingatkan tentang "laze," atau kabut lava, yang dihasilkan ketika lahar panas bereaksi terhadap air laut yang dingin, membawa uap padat uap, asam klorida dan pecahan kaca halus ke dalam udara.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved