Kemenhub Optimis Kereta Cepat Jakarta-Bandung Beroperasi 2020

Tanggal: 5 Sep 2017 12:20 wib.
Tampang.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) optimis mengenai kereta cepat Jakarta-Bandung untuk dapat beroperasi pada tahun 2020 mendatang. Pencapaian tersebut sedikit tertunda dibandingkan target awal operasi yang semula ditargetkan terlaksana pada tahun 2019 mendatang.

Kementrian Perhubungan juga sudah membahas konsesi kereta cepat Jakarta - Bandung dan saat ini hampir mencapai kesepakatan.

Direktur Lalu Lintas Angkutan Kereta Api Ditjen Perkeretaapian Kemenhub, Zulmafendi, menyatakan bahwa protek kereta cepat Jakarta – Bandung sudah hampir final.

"Target operasi kita di 2020. sekarang ini konsesi sudah kita bahas kemarin dan ini sudah hampir final," ujar Zulmafendi di Kementerian Perhuhubungan, Jakarta Pusat, Senin (4/9/2017).

Kementerian Perhubungan dan PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) juga telah menyepakati perjanjian (adendum) perubahan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. Perubahan tersebut mengenai konsesi.

Dengan adanya persetujuan adendum tersebut, maka pencairan pinjaman dari China Development Bank bisa dilakukan. Hal ini menyebabkan konstruksi proyek kereta cepat Jakarta-Bandung dapat dilanjutkan.

"Kami tunggu keputusan soal adendum perubahan itu. Kalau masa konsesi tetap 50 tahun berlaku sejak mulai masa konstruksi. Dalam adendum, ganti rugi proyek tidak jalan juga sudah dihilangkan," terang Zulmafendi.

Zulmafendi juga menyampaikan harapan agar KCIC bisa mengebut pembangunan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung, sehingga proyek tersebut bisa beroperasi 2020 mendatang.

"Kami harap KCIC juga mempercepat tahapan-tahapan karena 2020 akan beroperasi," tutup Zulmafendi.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved