Fasies Vulkanik Baru Dibuka di Hawaii, Pejabat Menyiapkan Evakuasi

Tanggal: 14 Mei 2018 12:42 wib.
Polisi memerintahkan warga untuk bersiap-siap untuk mengungsi di Pulau Besar Hawaii setelah celah baru dibuka di zona timur gunung berapi Kilauea, Minggu.

Observatorium Gunung Api Hawaii mengatakan celah baru yang diukur beberapa ratus kaki panjangnya dan menyebabkan percikan lava naik hingga puluhan kaki ke udara, dengan lava yang bergerak lambat membuat jalannya menjauh dari lubang angin.

"Peningkatan aktivitas gempa bumi dan deformasi tanah terus berlanjut dan wabah tambahan di daerah itu kemungkinan besar," kata HVO.

Polisi pergi dari rumah ke rumah di Jalan Lingkar Halekamahina untuk memberitahu warga agar mengungsi sementara pihak berwenang mendesak penduduk Puna yang lebih rendah untuk tetap waspada dan siap untuk mengungsi.

"Warga Puna bawah antara Kapoho dan Kalapana disarankan untuk waspada dalam hal kemungkinan emisi gas dan letusan gunung berapi," kata Pertahanan Sipil Kabupaten Hawaii. "Mungkin ada sedikit atau tidak ada pemberitahuan terlebih dahulu untuk dievakuasi, jadi luangkanlah waktu ini untuk mempersiapkan."

Dua celah vulkanik baru dibuka dan mulai memuntahkan lahar di Pulau Besar Hawaii setelah letusan gunung berapi Kilauea Sabtu.

HVO melaporkan bahwa retakan 16 dan 17 dibuka di pulau Hawai'i sekitar 100 meter terpisah satu sama lain.

Fissure 16 dibuka sekitar pukul 6:45 pagi hari Sabtu dan menghasilkan aliran lava yang menempuh sekitar 250 meter sebelum berhenti pada jam 2:30, sementara celah 17 menghasilkan percikan dan degassing tanpa aliran yang konsisten.

HVO juga mengatakan ada kemungkinan ledakan eksplosif di kawah Halema'uma'u Kilauea karena penarikan lava yang terus menerus dari danau puncak Kilauea. Ledakan itu bisa menyebabkan awan abu di atas area hingga 12 mil dari puncak kawah.

Karena aktivitas gunung berapi, penduduk Puna bawah antara Kapoho dan Kalapana disarankan untuk waspada terhadap kemungkinan emisi gas dan letusan gunung berapi dan polisi menghentikan semua aktivitas helikopter atau pesawat tanpa persetujuan di daerah Puna yang lebih rendah.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik melaporkan gempa berkekuatan 4,3 pada jam 11:54 sore. Sabtu lepas pantai dari wilayah Kalapana di Kilauea Volcano.

Tidak ada tsunami yang diharapkan, tetapi beberapa daerah mengalami guncangan.

Pada hari Sabtu Presiden Donald Trump menyatakan Hawaii sebagai zona bencana, membersihkan jalan bagi bantuan pendanaan federal.

Setelah gunung api Kilauea meletus, lava membakar 37 struktur termasuk 27 rumah, dan memaksa 1.700 evakuasi.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved