CDC: Terlalu Banyak Bayi Mati Sia-sia Karena Keputusan Orang Tua yang Berisiko

Tanggal: 10 Jan 2018 17:39 wib.
Banyak orang tua masih secara teratur mempertaruhkan nyawa bayi mereka saat mereka memasukkannya ke tempat tidur, menurut sebuah laporan baru dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit A.S..

Menganalisis data dari negara bagian, CDC menemukan bahwa orang tua terus mempraktikkan kebiasaan tidak aman yang dikaitkan dengan kematian bayi terkait tidur, termasuk sindrom kematian bayi mendadak, atau SIDS. Contohnya:

Satu dari 5 ibu mengatakan bahwa dia menempatkan bayinya untuk tidur di sisi atau perutnya.
Dua dari 5 meninggalkan tempat tidur terlepas dan benda lunak di area tidur bayi, paling sering bantalan bemper dan selimut tebal.
Tiga dari lima orang kadang berbagi tempat tidur mereka dengan bayinya.
Praktik ini berkontribusi terhadap sekitar 3.500 kematian bayi A.S. setiap hari, menurut CDC.

"Sayangnya, laporan ini mengungkapkan bahwa praktik tidur yang tidak aman biasa dilakukan," kata Dr. Brenda Fitzgerald, direktur CDC. "Kita perlu menghidupkan kembali karya penting ini dengan memberi selamat pada pesan tidur kepada semua khalayak."

Kematian bayi terkait tidur menurun tajam di tahun 1990an, berkat sebuah kampanye "Back to Sleep" nasional yang mempromosikan praktik tidur nyenyak yang dipuji oleh American Academy of Pediatrics, kata CDC.

Namun, penurunan tersebut telah melambat sejak akhir 1990-an, dan data baru mengungkapkan bahwa banyak orang tua bertahan dalam praktik tidur berisiko.

"Beberapa negara memiliki kebijakan tidur yang aman di setiap rumah sakit di seluruh negara bagian, untuk melatih penyedia layanan kesehatan dan memberi tahu pengasuh tentang tidur yang nyenyak," kata Fitzgerald. "Orang lain memberikan bahan informasi kepada setiap orang tua sebelum mereka meninggalkan rumah sakit dengan bayi mereka yang baru lahir."

American Academy of Pediatrics, atau AAP, merekomendasikan agar bayi selalu diletakkan di atas punggung mereka untuk tidur, bahkan untuk sekadar tidur siang. Bayi harus ditempatkan pada permukaan tidur perusahaan, dengan benda-benda lembut dan tempat tidur terlepas dari area.

Orangtua juga didorong untuk menjaga area tidur bayi mereka di ruangan yang sama dengan kamar mereka. Itu bisa mengurangi risiko SIDS sebanyak 50 persen, menurut AAP.

Tapi orang tua tidak boleh berbagi tempat tidur dengan bayi yang sedang tidur, karena hal itu membuat bayi berisiko mati lemas atau tercekik. Bayi juga tidak boleh ditempatkan di sofa, sofa atau kursi untuk tidur.

Meskipun ada peringatan ini, CDC menemukan bahwa 24 persen orang tua mengatakan bahwa mereka sering atau selalu berbagi tempat tidur dengan bayi mereka, dan 61 persen mengatakan bahwa mereka telah melakukannya setidaknya satu kali.

Untuk laporan baru ini, peneliti CDC menganalisis data dari Sistem Pemantau Penilaian Kehamilan Kehamilan, sebuah jaringan surveilans berbasis negara yang secara teratur memeriksa wanita tentang praktik kesehatan mereka selama dan setelah kehamilan.

Persentase orang tua yang menggunakan praktik tidur yang tidak aman bervariasi di seluruh negeri, para peneliti menemukan.

Misalnya, hanya 12 persen ibu di Wyoming dan Wisconsin yang melaporkan bahwa bayi mereka tidur di sisi atau perut mereka, dibandingkan dengan 31 persen ibu di New York City dan 34 persen di Louisiana.

Bayi lebih sering dibiarkan tidur di sisi atau perut mereka oleh orang tua kulit hitam (38 persen) dan orang tua Hispanik (27 persen) daripada orang tua Asia (21 persen) atau putih (16 persen) orang tua, data menunjukkan.

"Laporan ini menunjukkan bahwa kita perlu berbuat lebih baik dalam mempromosikan dan mengikuti rekomendasi tidur yang aman," kata pemimpin utama laporan tersebut, Jennifer Bombard, seorang ilmuwan di Divisi Kesehatan Reproduksi CDC.

"Ini sangat penting bagi populasi dimana data menunjukkan bahwa bayi berisiko tinggi mengalami kematian terkait tidur," kata Bombard dalam siaran pers CDC.

Sebagian dari masalahnya mungkin karena orang tua tidak mendapat saran dari dokter mereka, kata CDC, mengutip sebuah studi jurnal Pediatrics yang diterbitkan pada bulan September 2017.

Ditemukan bahwa hanya 55 persen ibu mendapat saran yang benar tentang praktik tidur yang aman dari penyedia layanan kesehatan. Sekitar 25 persen mengatakan bahwa mereka mendapat saran yang salah, dan 20 persen sama sekali tidak mendapat nasehat.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved