Bukti Menunjukkan Ada Kehidupan di Antartika!

Tanggal: 17 Sep 2017 14:36 wib.
Para ilmuwan telah menemukan bukti kehidupan dalam suatu gua yang tersembunyi jauh di bawah es di Antartika.

Benua paling selatan bumi mungkin bukan tempat yang paling baik untuk mencari lingkungan yang hangat dan dapat dihuni, namun menurut sebuah studi baru, beberapa sistem gua yang berada di bawah limbah es Antartika tidak hanya hangat namun juga berpotensi penuh dengan kehidupan.

Gua-gua yang dilubangi di sekitar Gunung Erebus di Pulau Ross Antartika misalnya sangat hangat sehingga memungkinkan untuk dengan nyaman berkeliaran di sekitar mereka bahkan tanpa membutuhkan mantel.

Cahaya juga bisa masuk ke gua tempat es di atas sangat tipis.

Dengan memeriksa sampel tanah yang dikumpulkan dari gua ini, para ilmuwan dapat menemukan bukti lumut, ganggang dan bahkan hewan kecil.

"Hasil dari penelitian ini memberi kita sekilas tentang apa yang mungkin hidup di bawah es di Antartika, bahkan mungkin ada spesies baru hewan dan tumbuhan," kata Dr Ceridwen Fraser.

Langkah selanjutnya dari penelitian ini akan melibatkan secara aktif mencari organisme dalam sistem gua.

"Jika mereka ada, ini akan membuka pintu bagi dunia baru yang menarik," kata Profesor Laurie Connell.

Ekologi mikroba Profesor Craig Cary, direktur Pusat Penelitian Terrestrial Antartika yang berbasis di Waikato, mengatakan bahwa penelitian sebelumnya telah menemukan bahwa komunitas bakteri dan jamur yang beragam tinggal di gua vulkanik Antartika.

"Temuan dari penelitian baru ini menunjukkan bahwa mungkin ada tanaman dan hewan yang lebih tinggi."
Copyright © Tampang.com
All rights reserved