Bukan Cuma Indonesia yang Rayakan Hari Kemerdekaan di bulan Agustus, Negara ini Juga Merayakannya

Tanggal: 16 Agu 2017 21:08 wib.
Tampang.com-Kemerdekaan suatu bangsa merupakan suatu momen yang sangat special bagi semua Negara dan warganya. Kemerdekaan menandakan bahwa Negara/bangsa tersebut telah bebas dari penjajahan dan penindasan. Ada juga suatu Negara/bangsa yang mendapatkan kemerdekaan karena hadiah dari penjajah atau memisahkan diri dari Negara lain.

Tak tekecuali Negara kita Negara Republik Indonesia, yang mendapatkan kemerdekaan dengan melawan penjajah selama bertahun-tahun dan akhirnya mendapat kemenangan, dan diakui didunia bahwa bangsa Indonesia telah merdeka dengan perlawan bukan hadiah atau apapun dengan syarat.

Setiap bulan Agustus semua masyarakat Indonesia menyambut dengan meriah untuk mempersiapkan berbagai lomba dan macam-macam kegiatan. Bahkan perlombaan dimulai sebelum bulan Agustus.

Kemerian untuk menyambut Hari Kemerdekaan di bulan Agustus ternyata tidak hanya dinikmati oleh Bangsa Indonesia, tetapi ada 5 Negara lain yang juga memperingati Hari kemerdekaan pada buan Agustus antara lain:

1. Republik Kongo



Negara ini menerima kemerdekaan dari Prancis pada tanggal 15 Agustus 1960.

Negara ini adalah mantan koloni Perancis. Setelah kemerdekaan pada tahun 1960, bekas wilayah Prancis dari Kongo Tengah menjadi Republik Kongo. 

2. Republik Korea Selatan



Pecahan negara Korea ini juga akan merayakan kemerdekaan pada bulan ini.

Korea Selatan merdeka setelah 35 tahun dijajah oleh Jepang. Setelah pemilihan negara atau Gwangbokjeol, akhirnya tercipta Korea Selatan dan Utara.Kim Il-Sung yang pro-Uni Soviet dijadikan perdana menteri pertama Korea Utara. Sedangkan presiden pro-AS Syngman Rhee menjadi presiden Korea Selatan yang pertama.

Korea merdeka pada tanggal 15 Agustus 1948

 

3.    Negara   Bahrain



Negara Bahrain merupakan tanah peradapan kuno Dilman, Negara yang membuat Negara lain iri. Negara yang berada di sebelah timur Arab Saudi ini hanya seluas 765 kilometer saja, hampir sama seperti Jakarta yang luasnya 664 kilometer. Namun, meskipun sangat kecil, negara ini adalah salah satu yang paling mentereng di dunia khususnya soal kemampuan perekonomiannya. Dimana Bahrain merupakan Negara paling kaya di Dunia, Mata uang Bahrain merupakan salah satu yang paling tinggi di dunia.

Bahrain pada bulan Agustus 1971, menjadikan Bahrain sebagai sebuah negara 'merdeka'.

 

4.     Neraga  India



Berbagai pemimpin India seperti Mahatma Gandhi, Subhas Chandra Bose hingga Jawaharlal Nehur turut serta melawan Inggris di berbagai waktu yang berbeda. Aksi mereka turut membawa kemerdekaan bagi India. Perlawanan tanpa kekerasan yang dimotori Gandhi, Sardar Vallabhbhai Patel, dan Nehru menjadi hal utama kemerdekaan India.

Dan pada 15 Agustus 1947, Jawaharlal Nehru, Perdana Menteri India pertama mengibarkan bendera Nasional India di atas Jembatan Lahori di Red Fort, Delhi.

Nehru memberikan pidato paling terkenal dan berpengaruh, Tyrst With Destiny -- tentang perjuangan yang panjang dan masa depan yang menanti.

 

5.  Republik Indonesia



Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945.

Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dilaksanakan pada hari Jumat, 17 Agustus 1945 tahun Masehi, atau tanggal 17 Agustus 2605 menurut tahun Jepang, yang dibacakan oleh Soekarno dengan didampingi oleh Drs. Mohammad Hatta bertempat di Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta Pusat

 

Masih banyak negara yang merayakan bulan kemerdekaan sama dengan Indonesia.

Seperti Malaysia 31 Agustus, Singapura 9 Agustus, Switzerland 1 Agustus, Uruguay 25 Agustus, hingga Afganistan 19 Agustus. 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved