Atlet Jalan Cepat Indonesia ingin Berlatih di Spannyol, Sayangnya Terkendala Dana

Tanggal: 20 Nov 2017 07:07 wib.
Tampang.com - Peraih tiga medali emas jalan capat 20 km, Hendro Tjap kembali berencana menjalani training camp di Eropa. Sebagaimana diketahui dalam persiapan menuju SEA Games 2017 Kuala Lumpur, Hendro berlatih di Universidad Catolica San Antonio de Murcia (UCAM), Spanyol.

Hasilnya, medali emas di SEA Games 2017 menjadi milik pemuda 27 tahun itu. Saat itu, dia menyingkirkan dua atlet Malaysia, Lo Choon Sieng dan Muhammad Haris Harith Harun. Rencana dia menuju ke Eropa tahun ini ada dua opsi yang tengah dia jajaki.

Antara lain, kembali ke Murcia dan satu lagi di Jerman. Hendro berlatih bersama Miguel Angel Lopez, juara jalan cepat 2015 nomor 20 km. “Saya mendapatkan sambutan hangat di Murcia, bahkan Miguel kerap menjemput saya untuk latihan,” ujarnya.

Namun, rencana TC di luar negeri itu saat ini terkendala masalah pendanaan. Maklum, saat memutuskan berlatih dan sekolah di Spanyol, dia memang menggunakan dana pribadi. Padahal dengan background sebagai atlet berprestasi, Hendro punya kesempatan yang sama dalam hal pendanaan.

Apalagi dia juga merampungkan pendidikan manajemen olahraga di UCAM. Hendro menjelaskan paling lambat dia harus kembali ke Eropa awal 2018 mendatang. Itu juga dengan catatan dia mendapatkan dukungan pendanaan dari Pemerintah. Berlatih di luar negeri menurut dia cukup berpengaruh signifikan terhadap prestasinya.

Terlebih suasana kompetitif dalam latihan menempa Hendro sebagai atlet tercepat di nomornya pada SEA Games 2017. Sebab, Asian Games 2018 mendatang, Hendro juga punya keinginan besar untuk finis di tiga besar. Untuk mewujudkan itu semua, diperlukan program latihan yang mendukung potensi Hendro.

Sementara itu, Sekjen PB PASI, Tigor Tanjung menerangkan pihaknya sudah berkomunikasi dengan tim pelatih di UCAM. Selanjutnya, PB PASI akan mengundang yang bersangkutan pada awal 2017. Terkait keinginan Hendro berlatih di luar negeri juga menjadi perhatian timnya. “Akan kami pertimbangkan dengan baik, kalau memang berpotensi akan kami upayakan,” jelasnya. 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved