Amnesty International: Militan Rohingya Membantai Umat Hindu di Myanmar

Tanggal: 23 Mei 2018 16:15 wib.
Sekelompok militan Muslim Rohingya membunuh hampir 100 warga sipil Hindu dalam serangkaian serangan di Myanmar, menurut laporan Amnesty International.

The Arakan Rohingya Salvation Army menewaskan 99 orang Hindu dalam satu, atau mungkin dua pembantaian, pada bulan Agustus 2017, Amnesty International menyimpulkan setelah meninjau lusinan wawancara dan bukti foto.

"Investigasi terbaru kami di lapangan memberi banyak penerangan tentang pelanggaran hak asasi manusia yang paling banyak dilaporkan oleh ARSA selama sejarah gelap negara bagian Rakhine yang tak terkatakan," Direktur Tanggap Krisis Amnesty International Tirana Hassan mengatakan.

Pada 26 Agustus, anggota ARSA menyerang desa Hindu Ah Nauk Kha Maung Seik, mengumpulkan 53 orang sebelum mereka merampok, mengikat, dan menutup mata mereka dan membawa mereka ke pinggiran desa tempat mereka dieksekusi.

Dua puluh pria, 10 wanita, dan 23 anak-anak, termasuk 14 di bawah usia delapan tewas.

Pada hari yang sama, semua 46 pria, wanita, dan anak-anak Hindu di desa tetangga Ye Bauk Kyar menghilang, menurut laporan itu.

Mayat 45 orang dari Ah Nauk Kha Maung Seik ditemukan di kuburan massal pada bulan September, sementara 46 mayat dari Ye Bauk Kyar belum ditemukan.

Laporan Amnesty International juga menyoroti "kampanye kekerasan yang tidak proporsional dan sangat tidak proporsional oleh pasukan keamanan Myanmar" dalam menanggapi serangan oleh pejuang ARSA di sekitar 30 pos keamanan Myanmar pada 25 Agustus.

"Serangan mengerikan ARSA diikuti oleh kampanye pembersihan etnis militer Myanmar terhadap penduduk Rohingya secara keseluruhan. Keduanya harus dikecam - pelanggaran hak asasi manusia atau pelanggaran oleh satu pihak tidak pernah membenarkan pelanggaran atau pelanggaran oleh pihak lain," kata Hassan.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved