Akibat Gempa 6,4 SR di Lombok, Berikut 3 Fakta Memilukan yang Terjadi

Tanggal: 31 Jul 2018 12:45 wib.
Tanah air kembali dilanda bencana alam hingga mengakibatkan adanya korban yang meninggal dunia.

Tepat pada Minggu (29/07/2018) Lombok digoncang gempa bumi dengan kekuatan berskala 6.4 SR. Getaran gempa tersebut terasa hinggga Pulau Dewata Bali.

Warga Lombok pun trauma dengan bencana yang cukup dahsyat itu ditambah karena masih kerap terjadi gempa susulan. Akibat gempa tersebut, berikut sejumlah fakta memilukan yang dirasakan oleh warga Lombok:

1. Ribuan Rumah Warga Rusak

Akibat gempat berkekuatan 6,4 SR yang terjadi di Lombok itu mengakibatkan sejumlah bangunan dan fasilitas umum mengalami kerusakan. Kawasan yang mengalami kerusakan paling parah ada di Desa Sembalun Bumbung, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur. Hingga kini  tercatat lebih dari 1.000 unit rumah warga yang mengalami kerusakan dalam kategori berat, sedang dan ringan.

 

2. Ratusan Gempa Susulan

Usai gempa utama yang berkekuatan 6,4 SR itu dan menimbulkan trauma bagi warga, masih terjadi gempa susulan hingga ratusan kali. Hingga Senin kemarin 30 Juli 2018 telah terjadi sebanyak 276 kali gempa susulan.

"Karenanya kami meminta masyarakat untuk tetap waspada, tapi tetap tenang dan jangan panik," kata Kepala BMKG.

Namun, Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono menilai terjadinya gempa susulan merupakan hal yang wajar.

"Jadi, lebih baik ada gempa susulan. Kalau tidak, malah ditakutkan terjadi gempa yang besar lagi," kata Daryono

 

3. Pendaki yang Terjebak di Rinjani

Akibat gempa dahsyat itu juga mengakibatkan ratusan pendaki terjebak di Gunung Rinjani bahkan ada dua orang dinyatakan meninggal dunia.

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved