Yummy....Ini lho Kuliner Khas Cirebon

Tanggal: 12 Apr 2017 11:23 wib.
Hmmm.....kalau dengar kata kuliner, rasanya pengen cepat-cepat menyantap sajian yang ada. Pasti udah ga asing kan dengar nasi jamblang, tahu gejrot, empal gentong? Itu lho makanan khas Cirebon. Selain itu ada apa lagi ya....

Berikut kuliner khas Cirebon :

1.Nasi Jamblang

Kuliner unik karena nasinya dibungkus dengan menggunakan daun jati ( dalam porsi kecil-kecil). Dibungkus dengan menggunakan daun jati agar bisa tahan lama dan rasanya tetap pulen. Daun jati itu sendiri memiliki pori-pori yang dapat membantu kualitas nasi walaupun disimpan dalam jangka waktu yang lama. Lauk yang tersedia ada bermacam-macam seperti paru goreng, tempe, limpa sapi, otak sapi, semur telur, aneka sate, ikan asin, tumis cumi hitam, perkedel, telur dadar, sambal goreng dan lain sebagainya. 

2.Tahu Gejrot

Camilan khas Cirebon yaitu tahu goreng tawar yang dipotong kecil-kecil, ditaruh pada piring kecil yang terbuat dari tanah liat kemudian disiram dengan kuah yang isinya terdiri dari gula merah, cabai, bawang merah, garam yang diulek. Rasa tahu gejrot ini rasanya jadi unik, manis, asin dan pedas.

3.Empal Gentong dan Empal Asem

Bisa dibilang ini sejenis soto. Empal gentong menggunakan kuah santan yang gurih dan isinya adalah potongan-potongan daging seperti babat, paru, limpa, daging sapi dan usus. Sedangkan empal asem, kuahnya bening dan ditambah dengan belimbing wuluh sehingga rasanya segar asam.

4.Nasi Lengko

Nasi lengko seperti nasi pecel. Nasi ini cocok bagi yang vegetarian karena isinya yaitu nasi yang di atasnya diberi irisan tahu dan tempe, taoge, mentimun kemudian disiram dengan bumbu kacang dan diberi taburan bawang goreng serta daun kucai dan diberi kecap.

5.Mie Koclok

Sajian dari mie kuning yang disajikan dengan kol, taoge, suwiran daging ayam, telur kemudian disiram dengan kuah santan yang kental. Rasanya lebih nendang kalau dimakan saat masih panas.

6.Docang

Apa ya ? Sajian khas Cirebon yang isinya berupa lontong dicampur dengan daun singkong, taoge, parutan kelapa, kerupuk dan sambal docang kemudian disiram dengan kuah panas yang terbuat dari tempe bungkil atau oncom serta rempah pilihan. Paduan rasanya menjadi gurih, pedas, segar dan hangat ke dalam tubuh. Docang populer sebagai hidangan sarapan pagi.

7. Krupuk Melarat

Nama melarat diberikan karena krupuk ini tidak sepertui kebanyakan krupuk lainnya yang digoreng dengan menggunakan minyak goreng. Krupuk melarat digoreng dengan menggunakan pasir yang panas sehingga menimbulkan rasa yang gurih. Pasir yang digunakan adalah pasir yang telah dibersihkan terlebih dahulu kemudian dikeringkan dan diayak. Kerupuk ini dikemas dalam plastik dan diberi tali rampia dengan beragam warna seperti, merah muda, putih dan kuning.

Penasaran kan dengan kuliner khas Cirebon ? Kalau ke Cirebon jangan lewatkan untuk mencicipi kuliner yang ada di Cirebon ya. Kalau membutuhkan mobil, tinggal sewa mobil di Cirebon saja, gampang.

 

 

 

 

 

 

 

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved