Trik Membuat Kue Agar Hasilnya Sempurna dan Tidak Bantat

Tanggal: 17 Sep 2017 14:54 wib.
Membuat kue perlu dilakukan dengan teknik yang benar agar hasilnya sempurna. Teknik yang tepat akan menghasilkan kue yang mengembang dan tidak bantat. Masalah kue bantat sering dialami saat membuat kue. Kue yang sudah susah payah dibuat akan sangat mengecewakan jika hasilnya bantat. Ya walaupun masih bisa dimakan, namun bentuk dan teksturnya pasti tidak sesuai harapan. Untuk mengindari masalah kue bantat, ada beberapa trik dasar yang bisa diikuti untuk membuat kue :

1. Pastikan semua bahan yang ingin digunakan bersuhu ruang

Saat ingin membuat bolu pastikan telur yang digunakan memiliki suhu ruang karena telur mampu menjadi pengembang yang baik. Jika telur yang digunakan terlalu dingin maka akan sulit mengembang. Hal ini juga berlaku pada margarin. Jangan campurkan margarin yang baru dilelehkan ke adonan. Tunggu hingga suhu margarin sudah agak dingin.

2. Proses melelehkan mentega

Cukup lelehkan margarin dengan menggunakan api kecil dan tidak perlu menunggu hingga meleleh semua. Jika sudah hampir cair dan masih ada sebagian yang belum cair segera matikan api lalu pindahkan pada wadah yang lebih lebar. Namun jangan gunakan piring karena dapat membuat suhu margarin menjadi dingin.

3. Perhatikan wadah saat membuat kue

Pastikan semua wadah yang akan digunakan benar-benar kering, Alat yang basah akan membuat adonan menjadi bantat. Dan sebaiknya alat tersebut juga memiliki suhu ruang.

4. Cara mencampur bahan

Mencampur semua bahan juga memiliki trik tertentu dan jangan lakukan sembarangan. Tuang bahan secara perlahan dan gunakan spatula untuk mengaduk perlahan. Gabungkan bahan kering terlebih dahulu baru kemudian tuang bahan basah.

5. Durasi mengocok adonan

Jnagan kocok adonan bolu terlalu lama dan saat mengocok telur dan gula gunakan kecepatan rendah dengan mixer. Lama mengocok  juga harus disesuaikan dan jangan terlalu lama karena adonan akan terlalu banayk udara yang menyebabkan bolu menjadi bantat.

6. Atur temperatur oven

Panaskan oven terlebih dahulu sebelum memasukkan adonan ke dalam oven. Hal ini dilakukan agar adonan langsung mengembang saat di masukkan. Namun jangan terlalu panas karena membuat adonan cepat gosong.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved