Perlu Diketahui! Beda Hidangannya, Beda Juga Pilihan Pisangnya

Tanggal: 11 Okt 2017 07:49 wib.
Tampang.com - Ketika hendak membuat makanan olahan dari pisang, tentunya tak semua pisang cocok untuk hidangan tersebut. Karena, tekstur dalam pisang yang berbeda-beda.

 

Biasanya, kita mengolah pisang menjadi pisang goreng ataupun bolu pisang. Nah, masing-masing tentu berbeda pemilihan pisangnya, mengingat berbeda pula tekstur dan rasa yang dibutuhkan. Berikut beberapa pisang dengan pengolahannya yang cocok.

 

1. Pisang uli



Pisang ini berukuran sedang dan memiliki tekstur yang agak kenyal namun tak terlalu padat. Pisang ini juga beraroma wangi dan manis.

Meskipun memang dapat dikonsumsi secara langsung, tekstur dagingnya yang cukup padat membuat pisang ini sangat cocok untuk diolah menjadi pisang goreng. Tak hanya pisang goreng, pisang ini juga cocok untuk olahan pisang molen.

2. Pisang kepok



Pisang ini juga menjadi salah satu pisang yang cocok untuk menjadi pisang goreng. Dengan tekstur empuk namun tak terlalu lembut.

Pisang kepok menjadi salah satu yang cocok untuk menjadi pisang goreng lantaran meskipun telah dipanaskan, teksturnya tetap padat dan tak berubah bentuk. Selain itu, pisang kepok juga biasanya digunakan untuk bahan keripik pisang.

3. Pisang tanduk



Bentuknya agak panjang dibandingkan dengan pisang uli dan kepok, pisang tanduk memiliki rasa yang manis sedikit asam. Jika ingin diolah dengan cara digoreng atau dipanggang, sebaiknya pilih pisang tanduk yang sudah benar-benar matang. Karena semakin matang, tekstur dan rasanya akan semakin lembut dan lebih legit.

Sebelum digoreng, pisang tanduk terlebih dahulu dipotong-potong dan dilapisi adonan tepung kemudian digoreng. Mata roda yang merupakan sajian kue tradisional juga kerap menggunakan pisang tanduk untuk membuatnya.

4. Pisang raja



Pisang raja daging buahnya berwarna kuning oranye dengan rasa yang manis. Selain bisa disajikan sebagai pisang meja, pisang raja juga bisa diolah untuk membuat pisang barongko, carang gesing, roti isi pisang, timpan hingga es pisang ijo. Sayangnya pisang ini seringberubah warna kebiruan jika dikukus atau direbus.

5. Pisang ambon



Pisang ambon memang tak pernah diolah dengan cara digoreng. Pisang ambon memiliki tekstur yang sangat lembut dan manis. Sehingga sering diolah menjadi campuran banana bread atau cake pisang hingga brownies. Selain itu, pisang ambon yang dihaluskan dan dipadu dengan adonan tepung juga bisa menghasilkan aroma pisang yang harum.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved