Kimchi di Korea Ternyata Beli Jadi dari China

Tanggal: 27 Nov 2017 20:52 wib.
Kimchi merupakan makanan yang terkenal khan dari Korea. Walau begitu, ternyata sebuah laporan menyebut sebagian kimchi yang disajikan di restoran-restoran Korea, tak berasal dari Korea.

Laporan itu menyebut hampir setengah dari seluruh kimchi yang disajikan di restoran dan layanan makanan di Korea kabarnya berasal dari China.

Menurut laporan tentang tren di industri kimchi oleh World Institute of Kimchi, sebanyak 13,7% kimchi yang dikonsumsi di Korea merupakan makanan impor. Sekitar 47% kimchi yang disediakan restoran dan kafetaria berasal dari luar korea. Hampir 90 persennya berasal dari China.

Laporan itu menyebut penduduk Korea mengonsumsi sekitar 1,85 juta ton kimchi. Rata-rata 36,1 kg kimchi per orang tahun lalu. Jumlah tersebut naik 15% dari tahun sebelumnya. Sekitar 63% kimchi dibuat di rumah. Sementara sisanya dibeli jadi.

World Institute of Kimchi mendesak pemerintah untuk menyusun pedoman yang tepat untuk kimchi impor. Hal ini untuk mencegah kekhawatiran masyarakat akan keamanan pangan.

"Produsen kimchi di Korea diharuskan memenuhi aturan Hazard Analysis Critical Control Point (untuk menjamin keamanan pangan), namun sebagian besar kimchi yang diimpor dari China tidak memenuhinya aturan itu," ujar pihak insitut kimchi.

World Institute of Kimchi mengatakan bahan pengawet, pemanis buatan dan kuman terdeteksi dalam kimchi asal China beberapa tahun belakangan. Pihaknya meminta perlunya tindakan terakait hal ini.

"Harus ada tindakan untuk mengatur kebersihan dan keamanan kimchi," pungkas institut Kimchi. 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved