Ini Cara Masak yang Sering Salah Dilakukan Emak-emak di Dapur

Tanggal: 2 Okt 2018 11:30 wib.
Tampang.com - Memasak sendiri dirasakan banyak orang lebih sehat dan lebih enak dinikmati karena sesuai dengan selera keluarga dan dinilai mengandung zat gizi yang cukup untuk tubuh. Namun tak sedikit dari ibu-ibu atau emak-emak yang melakukan kesalahan saat memasak hingga kandungan zat vitamin, protein dan zat lainnya terkadang terbuang percuma.

Beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat memasak sendiri dirumah, diantaranya :

Menggoreng dengan Minyak Zaitun



Tidak sedikit  yang menganggap menggoreng dengan minyak zaitun atau Virgin olive oil membuat masakan menjadi lebih sehat karena minyak zaitun tidak mengandung lemak jenuh yang mengakibatkan penyebab kolesterol, namun dalam memasak dengan minyak zaitun harus diperhatikan kondisi suhu atau panas kompor yang digunakan. Jika menggoreng atau memasak dengan minyak zaitun dalam kondisi suhu yang terlalu panas, maka nutrisi atau kandungan dari minyak zaitun bisa terbakar dan merusak nutrisi dari makanannya sendiri.

Merebus Sayuran dengan Waktu yang Lama



Memasak sayuran harus diperhatikan juga waktu atau berapa lama merebusnya. Jangan terlalu lama merebus atau memasak sayuran karena justru akan menyebabkan sayuran menjadi hilang kandungan nutrisinya. Ada baiknya merebus sayuran hanya sebentar saja setelah itu dimasukkan dalam mangkok berisi air dingin agar proses pemasakan pada sayuran tidak terus terjadi dan membuat sayur menjadi hancur.

Mencairkan Daging Beku



Daging biasanya disimpan dalam kulkas atau freezer untuk menjaga kualitas daging dan kandungannya. Namun banyak yang tidak mengerti saat hendak memasak daging yang sudah dikeluarkan dari freezer biasanya dicuci atau disiram air panas agar daging yang sudah beku menjadi cepat lembek.

cara seperti ini kurang tepat karena bakteri dalam daging akan tumbuh subur saat disiram air atau dipanasi. Baiknya daging disimpan diatas piring pada malam hari sebelum diolah besok paginya. Biarkan daging beku meleleh dengan sendirinya agar kandungan zat dalam daging masih tetap ada.

Mencuci Sayuran atau Buah Setelah dipotong



Kebanyakan ibu-ibu mengupas, memotong atau mengiris bahan-bahan makanan setelah itu langsung dicuci. hal ini sebenarnya tidak tepat karena kandungan zat yang menempel pada sayuran atau buah bisa hilang. sebaiknya dicuci terlebih dahulu baru dipotong atau diiris. 

Menyimpan Minyak Goreng dekat Kompor

Minyak goreng biasanya disimpan di dekat kompor dengan alasan agar mudah dipakai saat memasak. Hal ini sebenarnya tidak benar karena minyak goreng akan mudah panas saat disimpan dekat kompor. Ini menyebabkan minyak goreng mudah menjadi bau anyir dan kandungan zat dan vitamin dalam minyak goreng menjadi rusak.

Mengolah masakan sendiri memang bisa lebih sehat dan lebih enak dinikmati bersama keluarga, tapi janganlah kita malah menjadi kurang sehat karena salah dalam memproses makanan yang kita buat sendiri di dapur.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved