India, Negara Eksotis yang Memiliki Keanekaragaman Makanan Khas

Tanggal: 24 Jan 2018 11:47 wib.
Jika Anda pergi mengunjungi teman India Anda, baik itu di Indonesia sendiri atau di India, jangan harap Anda hanya akan disuguhkan teh India yang lezat karena makanan pendamping selalu tersedia. Makanan kecil yang selalu disuguhkan sebagai teman teh dan yang paling umum dijumpai adalah kacang-kacangan dan kentang.

Bahasa India untuk kacang-kacangan ini adalah dalmoth. Dal berarti kacang yang terdiri dari kacang mede, kacang almond, dan kentil. Sedangkan moth berupa kacang kecil seperti lentil yang berwarna hijau. Sedangkan hidangan lain disebut juga semia yang berarti kentang yang disajikan dalam bentuk potongan kecil kentang yang diiris memanjang. Kedua hidangan di atas bisa dicampur seperti dalmoth dan semia atau bisa juga dipisah.

Padat Bumbu

Seperti halnya masakan Sumatra yang kaya bumbu karena pengaruh dari India, masakan India sendiri memang tidak lepas dari bumbu-bumbu padat yang mungkin tidak disukai bagi sebagian orang Indonesia. Jika bicara tentang India, tidak jauh dari bumbu kari cabai merahnya yang sangat terkenal. Salah satu contoh masakannya adalah tandoori chicken yang sangat berwarna dan kaya aroma.

Contoh bumbu-bumbu lain yang sangat sering digunakan dalam masakan India adalah panch phora dan garam masala yang terdiri dari campuran cardamom, kayu manis, cengkih, ketumbar, jinten, lada hitam, dan adaa. Bahkan, bumbu seperti cardamom kering tidak hanya digunakan sebagai bumbu masakan tapi dikunyah seperti halnya makanan kecil.

Makanan Lain

Bahan makanan lain yang sering muncul dalam masakan India adalah santan, yogur dan paneer. Paneer bisa juga disebut keju segar karena terbuat dari campuran susu dan cuka yang dipanaskan hingga membentuk gumpalan yang kemudian disaring dan dipres hingga berbentuk tahu atau keju.

Jenis sayuran yang banyak digunakan adalah okra, buncis, kacang panjang, timun lebanon, atau zucchini, India juga punya teknik sendiri dalam pengolahan okra agar terbebas dari lendir yang menempel. Caranya, setelah okra dipotong, lap bagian yang terpotong dengan kain kering dan bersih hingga lendir terangkat semua, lalu panaskan di atas wajan sebentar. Okra akan bebas dari lendir serta siap diolah lebih lanjut.

Untuk sambal khas India, yaitu chutney, memiliki rasa yang lezat karena terbuat dari campuran daun mint, daun ketumbar, kacang chickpea, cabai rawit, air jeruk nipis, garam dan amchur(mangga muda yang telah dikeringkan dan dihaluskan) lalu diblender hingga halus. Sangat pas jika disajikan dengan paratha dan tandoori chicken.

Minyak Dalam Masakan

Jenis minyak berbeda yang digunakan di daerah yang berbeda berpengaruh terhadap rasa makanan tiap daerah di India. Til atau minyak wijen dan minyak kelapa banyak digunakan di daerah India bagian selatan. Di Bengal, minyak yang difavoritkan untuk masakan adalah minyak biji mustard. Minyak zaitun jarang digunakan. Sebagai gantinya, ghee sering ditambahkan ke dalam minyak dan campuran ini paling sering dipakai dan beraroma tidak terlalu kuat seperti minyak jagung dan bunga matahari.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved