Bahan Makanan Penghasil Rasa Pedas Selain Cabai

Tanggal: 3 Jul 2018 21:35 wib.
Bahan Makanan Penghasil Rasa Pedas Selain Cabai

Bagi penggemar pedas rasanya tidak lengkap jika makan tanpa sambal atau makanannya tidak ada rasa pedas. Rasa pedas tidak hanya diperoleh dari cabai saja melainkan ada bahan makanan lainnya yang juga dapat menimbulkan sensasi pedas. Berikut ulasannya

 

Merica

 

Merica merupakan bahan pengganti cabai yang sering digunakan. Merica biasanya dikombinasikan ke dalam aneka sup, pasta, dan hidangan western lainnya. Berbentuk bulatan-bulatan kecil berwarna hitam dan putih, bumbu masak bernama latin Piper Ningrum ini memiliki cita rasa pedas yang menghasilkan sensasi hangat pada saat disantap.

Selain itu, kandungan capcaisin dan antioksidan pada merica ini juga dapat meredakan masuk angin serta meningkatkan kekebalan tubuh.

 

 

Jahe

 

Jahe dikenal sebagai salah satu bumbu penambah rasa pedas yang cocok disajikan dalam berbagai makanan dan minuman. Biasanya jahe ditambahkan untuk menghasilkan rasa pedas dan sensasi hangat di tenggorokan. Selain cocok dikombinasikan dalam berbagai makanan dan minuman, rasa pedas dan hangat dari jahe yang dihasilkan oleh senyawa zingeron juga bermanfaat untuk mengengusir udara dingin serta meningkatkan kekebalan tubuh.

 

 

Paprika

 

Bagi orang yang tidak terlalu suka dengan rasa pedas menggigit dari cabai, paprika dapat menjadi solusi untuk menambah rasa pedas pada masakan. Memang tidak seperti cabai, paprika memiliki cita rasa yang cenderung manis dengan sedikit rasa pedas di dalamnya.

Selain lebih ramah di perut karena rasa pedasnya yang tak terlalu mendominasi, paprika juga tinggi akan kandungan vitamin C yang baik bagi kekebalan tubuh dan peremajaan kulit.

 

 

Pala

 

Pala merupakan bumbu khas Indonesia yang sering digunakan untuk menambah rasa pedas pada aneka sajian tradisional. Berasal dari Maluku, bumbu masak bertekstur keras ini memiliki cita rasa pedas dan agak manis serta dapat menghangatkan tubuh.

Tak hanya menambah rasa pada masakan, rasa pedas nan unik yang dimiliki pala juga sering dimanfaatkan untuk penambah rasa pada kue dan minuman hangat.

 

 

 

Wasabi

 

Wasabi merupakan salah satu penambah rasa pedas yang sering kita temui dalam sajian khas Jepang seperti sushi dan sashimi. Berasal dari tanaman sejenis kubis-kubisan, wasabi atau dikenal juga dengan sebutan Japanese horseradish memiliki aroma dan rasa pedas yang begitu tajam.

Tak hanya disajikan sebagai penambah rasa pedas, wasabi juga mengandung isotiosianat bersifat antimikroba yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri pada daging dan ikan segar.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved