5 Olahan Telur Kekinian yang Dapat Kamu Coba

Tanggal: 26 Sep 2017 17:33 wib.
Tampang.com - Telur merupakan salah satu bahan yang mudah didapat di dapur. Untuk pengolahannya juga terhitung mudah. Seringnya, kita memasak telur menjadi telur dadar atau mata sapi. Tentu olahan seperti ini bakal terasa membosankan jika disantap hampir setiap hari.

Jika kamu bosan dengan olahan telur yang itu-itu saja, berikut beberapa macam olahan telur yang kreatif dan kekinian, yang tak kalah lezat dengan telur mata sapi kamu.

1. Baked Potato



Baked potato merupakan salah satu hidangan telur yang elegan tetapi cukup mudah dibuat. Kamu cukup menyiapkan kentang berukuran besar, kemudian kukus atau panggang di dalam oven hingga matang. Belah menjadi dua bagian, kemudian lubangi bagian tengahnya dengan sendok.

Hancurkan daging kentang yang sudah diambil dengan sendok tadi. Bumbui dengan merica, parutan keju, cincangan bawang bombay dan bawang putih yang sudah ditumis.

Masukkan kembali kentang tumbuk yang sudah dibumbui tadi ke dalam kulit kentang. Tekan-tekan hingga padat, kemudian pecahkan telur di atasnya. Taburi rajangan seledri, kemudian panggang hingga telur 3/4 matang.

2. Frittata



Pada dasarnya frittata mirip dengan dadar telur tebal yang dicampur berbagai bahan makanan. Kamu bisa membuatnya dengan campuran keju, paprika, sosis, jamur, brokoli, tahu, kentang, atau bahkan pasta.

Cara membuatnya cukup mudah. Tinggal menumis sayuran dengan cincangan bawang merah dan putih di pinggan tahan panas atau wajan anti lengket. Setelah itu tuang beberapa butir telur yang sudah dikocok sampai sayuran tertutup. Panggang di dalam oven atau masak di atas kompor sampai matang. Jika kamu memasak di atas kompor dan menginginkan frittata yang matang sempurna, balik dengan hati-hati agar bagian bawahnya tidak hangus.

3. Egg en cocotte



Hidangan telur panggang ini juga bisa menjadi menu sarapan yang istimewa. Biasanya terdiri dari tiga lapisan, yaitu bagian dasar, telur, dan keju di permukaan.

Kamu bisa membuat bagian dasarnya dari salad kentang, tomat tumbuk, tumis jamur, suwiran ikan atau ayam, ataupun daging giling. Padatkan dengan sendok, kemudian tuangkan telur di atasnya. Sementara bagian permukaannya ditutup dengan keju yang mudah leleh atau krim. Panggang di dalam oven sampai telur setengah matang, kurang lebih 10 menit.

4. Egg salad



Salad yang satu ini bisa disantap begitu saja atau sebagai isian sandwich (roti lapis). Bahan dasar yang dibutuhkan hanya telur rebus, mayones, bawang bombay, dan sedikit air jeruk nipis.

Cincang kasar telur rebus, kemudian campur dengan mayones secukupnya. Bumbui dengan air jeruk nipis, garam, merica, dan cincangan bawang bombay. Boleh juga ditambah rajangan seledri, cabai, atau paprika.

5. Omurice



Omurice sebenarnya tidak beda jauh dengan omelet alias telur dadar. Hanya saja disajikan bersama nasi goreng dan saus tomat. Ini merupakan hidangan yang cukup populer di Jepang dan Korea Selatan.

Untuk membuat telur dadar yang cantik, kocok telur dengan satu sendok teh yang sudah dilarutkan dengan sedikit susu. Buatlah dadar telur tipis dan sisihkan.

Buat nasi goreng sebagai pelengkap. Tumis bawang putih, bawang bombay, garam, dan merica, kemudian tuangkan nasi. Bumbui dengan saus tomat secukupnya.

Letakkan nasi goreng di atas dadar telur, kemudian lipat menjadi bentuk bulan sabit atau amplop. Sajikan dengan saus tomat di atasnya.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved