Ranger Tewas, Turis Diculik di Taman Nasional Virunga

Tanggal: 12 Mei 2018 13:46 wib.
Seorang penjaga taman di Taman Nasional Virunga di Republik Demokratik Kongo tewas dan sedikitnya tiga orang, termasuk dua turis Inggris, diculik Jumat, kata pejabat taman.

Joel Wengamulay, juru bicara Lembaga Konservasi Alam Kongo, mengatakan kepada Radio Okapi bahwa kendaraan mereka disergap dalam perjalanan dari Kibumba ke Goma setelah mengunjungi tempat perlindungan gorila di dalam taman. Polisi itu tewas, dan sopir serta dua turis termasuk di antara mereka yang diculik.

"Untuk saat ini Lembaga Konservasi Alam Kongo tidak dapat menyampaikan banyak tentang insiden itu karena para sandera masih dalam tahanan. Itu akan membahayakan jiwa mereka," katanya menurut terjemahan Sky News.

Juru bicara Taman Vianney Harakandi mengatakan kepada CNN bahwa penyergapan terjadi sekitar jam 10 pagi dan staf keamanan taman dikerahkan untuk menyelidiki.

Pada bulan April, lima penjaga dan seorang sopir tewas dalam penyergapan, hilangnya kehidupan terburuk di taman. Taman Nasional Virunga telah menyaksikan lebih dari 170 polisi terbunuh selama 20 tahun terakhir sebagai kelompok pemberontak anti-pemerintah, bandit lokal dan pemburu hewan langka berkeliaran di daerah tersebut.

Dalam wawancara dengan National Geographic tahun lalu, Direktur Taman Nasional Virunga Emmanuel de Merode mengatakan tiga kelompok utama bertanggung jawab atas kekerasan di taman itu.

"Pasukan Demokratik Sekutu dan Tentara Nasional untuk Pembebasan Uganda beroperasi bersama di utara. Mereka adalah gerakan Islam ekstrim yang beroperasi untuk melemahkan pemerintah Uganda," kata de Merode. "Kemudian Mai-Mai, yang orang Kongo, beroperasi di pusat taman. Di selatan adalah Pasukan Demokratis untuk Pembebasan Rwanda, banyak di antaranya bertanggung jawab atas genosida 1994 di Rwanda."

"Bagian tersulit dari pekerjaan saya adalah harus mengubur orang-orang yang dipercayakan kepada saya," tambahnya.

Pada tahun 2014, Netflix merilis Virunga, sebuah film dokumenter tentang penjaga taman Virunga yang ditugaskan untuk melindungi gorila gunung yang terancam punah.

Pegunungan Virunga adalah salah satu dari hanya dua tempat di dunia di mana gorila gunung ditemukan. Lokasi lainnya adalah Taman Nasional Bwindi yang Tak Dapat Ditembus di Uganda
Copyright © Tampang.com
All rights reserved