Melihat Orang Kecelakaan di Jalan, Ini yang seharusnya kamu lakukan!

Tanggal: 2 Sep 2017 10:42 wib.
Kecelakaan merupakan hal yang sering kita temui di jalan raya. Angka kejadian kematian terbesar di Indonesia adalah akibat kecelakaan.Akan tetapi, terkadang kita tahu apa yang harus dilakukan ketika ada orang yang kecelakaan. Berikut ini merupakan hal yang seharusnya dilakukan saat mengetahui ada kecelakaan berdasarkan AHA (2015):

1. Jangan dibiarkan saja

Ketika ada orang kecelakaan sebaiknya jangan anda diamkan saja, karena apabila didiamkan kemungkinan untuk trauma yang lebih parah bisa terjadi.

2. Hindari mengerumuni korban

Bila anda menemukan korban kecelakaan yang dikerumuni/ dirubung banyak orang, sebaiknya anda menyarankan agar orang menyingkir. Hal tersebut dapat memperparah kondisi korban dikarenakan udara yang didapatkan korban tidak terpenuhi.

3. Amankan korban ke tempat yang aman

Pada kecelakaan yang terjadi di jalan raya, sangat perlu bagi kita mengamankan korban. Selain agar aktifitas lalu lintas tidak terganggu, yang lebih penting adalah korban juga tidak mengalami masalah yang lebih parah lagi. Tapi, perlu diperhatikan dalam pemindahan atau pengamanan apabila korban yang anda temukan memiliki patah tulang atau luka di kepala.

4. Memeriksa Reaksi korban

Memeriksa reaksi korban saat kecelakaan merupakan hal yang penting juga untuk dilakukan. Anda dapat memanggil korban dengan menepuk-nepuk lengan korban. Kalau seumpama korban tidak dapat menjawab atau tidak bereaksi, anda bisa mengecek datak jantung dan nafas korban. Selanjutnya anda harus segera menghubungi call center emergency dan melaporkan keadaan korban kecelakaan yang anda temukan.

5. Telepon call center emergency

Hal yang sangat penting dilakukan ketika melihat orang yang kecelakaan adalah dengan menelepon call center emergency. Call center emergency pusat di Indonesia adalah 119. Tapi alangkah baiknya bila mengetahui call center UGD rumah sakit terdekat sehingga dapat dengan cepat penanganan korban. Saat melaporkan hal kecelakaan, perlu diperhatikan bahwa biasanya dari call center akan memandu apa saja yang harus dilakukan penelepon pada korban kecelakaan sebelum kedatangan petugas kesehatan datang.

Marilah kita lebih peduli dengan keadaan di sekitar kita, karena setiap detik dari pertolongan korban kecelakaan itu sangat penting dalam kehidupan mereka.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved