Waspadai Timbulnya Jerawat Karena Kacamata yang Sering Dipakai

Tanggal: 27 Mar 2019 12:44 wib.
Tampang.com - Jerawat di wajah memang bikin rasa percaya diri berkurang walaupun tidak terlalu membahayakan kesehatan. Penyebab jerawat muncul biasanya karena kurang terawatnya menjaga kesehatan kulit dan faktor luar seperti polusi, makanan berlemak dan efek sinar matahari. Namun ada juga yang bisa menyebabkan jerawat muncul di wajah yaitu kacamata yang sering digunakan baik itu kacamata baca maupun kacamata untuk bergaya.

Jerawat yang timbul karena efek pemakaian kacamata biasanya di pipi dan hidung karena bagian itu yang langsung bersentuhan dengan kacamata yang dipakai. hal lain yang menyebabkan jerawat mudah muncul bagi mereka yang berkacamata karena pemakaian make up yang tebal ( pada wanita ) dan kulit yang cenderung berminyak.

Untuk mencegah jerawat timbul di wajah akibat pemakaian kacamata, ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar masalah jerawat tidak mengganggu rasa percaya diri kita, diantaranya :

Ukuran Kacamata harus sesuai dengan hidung

Kacamata yang terlalu longgar akan menyebabkan penggunanya sering mengangkat kacamata yang mudah merosot. Gesekan-gesekan pada pipi dan hidung akibat kacamata yang sering dinaik turunkan bisa memicu jerawat. Gunakan kacamata yang sesuai ukuran hidung atau nyaman dipakai. Untuk lebih amannya gunakan bantalan agar kacamata tidak mudah merosot.

Bersihkan Kacamata dengan Alkohol

Usahakan sering membersihkan kacamata dengan alkohol dasar karena tidak menyebabkan kacamata buram dan terhindar dari kuman. Bersihkan bagian kacamata yang terutama bersentuhan langsung dengan hidung dan pipi.

Copot Kacamata jika tidak Terlalu Penting Dipakai

Tidak sedikit orang yang berkacamata merasa kehilangan atau gelisah jika tidak berkacamata, usahakan melepas kacamata jika sedang santai atau tidak melakukan pekerjaan yang penting. Hal ini berguna untuk mengurangi tekanan yang dialami pipi dan hidung dari bingkai kacamata.

Bersihkan Wajah dengan sabun Anti Jerawat

Saat mandi atau membersihkan wajah, usahakan membersihkan wajah dengan sabun anti jerawat. Membersihkan wajah jangan langsung dilakukan setelah kita datang dari luar. Diamkan dulu kondisi wajah yang masih panas karena jika langsung dibersihkan sementara kulit wajah masih panas terkena polusi atau sinar matahari maka akan menimbulkan masalah pada wajah.

 

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved