Waspadai Kolesterol Tinggi, Ini Tanda-Tandanya

Tanggal: 10 Nov 2017 21:24 wib.
Selama ini kolesterol dikenal dapat membahayakan nyawa seseorang. Hal ini dikarenakan semakin tinggi tingkat kolesterol jahat atau low-density Lipoprotein (LDL), maka semakin tinggi pula risiko terjadinya penyumbatan pembuluh darah yang mengalirkan darah dari jantung ke seluruh tubuh.

Penyumbatan pembuluh darah yang mengalirkankan darah ke kaki disebut dengan penyakit arteri perifer (PAD). PAD bisa dideteksi dengan beberapa tanda di kaki.

Dilansir dari health.com, berikut tanda-tanda yang dapat kita jadikan sebagai alarm yang memberitahukan bahwa kolesterol meningkat.

1. Kram saat malam

Orang yang memiliki kolesterol tinggi bisa terjadi kram di bagian tumit, jari-jari kaki, atau bagian kaki yang lain. Ini dikarenakan aliran darah ke kaki terhambat.

"Rasa sakit itu bisa hilang saat kaki diturunkan dari tempat tidur atau kursi, mungkin gravitasi membantu aliran darah ke kaki," kata dokter spesialis bedah vaskular dan endovaskular di Rumah Sakit Presbyterian New York, Darren Schneider, MD.

2. Sakit pada tungkai kaki

Gejala PAD dan meningkatnya kolesterol salah satunya adalah klaudikasio, yaitu rasa sakit atau kram di tungkai bawah akibat kurangnya aliran darah ke otot-otot.

"Karena arteri tersumbat, mereka tidak bisa mengantarkan cukup darah ke kaki untuk menstabilkan tenaga. Beberapa orang mengatakan kaki mereka merasa berat atau lelah, atau mereka melaporkan rasa sakit yang terbakar," ujar terapis, David Slovut, MD.

3. Perubahan kulit dan kuku

Jika kaki tidak dapat menerima aliran darah yang normal, ini bisa membuat rambut-rambut di kaki rontok dan tumbuh dengan lambat. Selain itu hal ini juga dapat membuat kuku kaki menebal.

4. Kaki terasa dingin

Salah satu gejala PAD adalah kaki terasa dingin ketika disentuh, ini juga bisa jadi mengindikasikan kolesterol meningkat. Tidak normalnya aliran darah membuat panas tidak terdistribusikan dengan baik ke bagian kaki.

5. Mati rasa dan lemah

Orang dengan kolesterol tinggi dan mengidap PAD akan merasa mati rasa dan lemah pada kakinya. Tanda ini seringkali diabaikan, kebanyakan orang berpikir bahwa ini adalah hal yang biasa terjadi ketika sedang mengalami kelelahan.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved