Waspadai Bahaya Yang Tersembunyi di Kamar Tidur Anda

Tanggal: 5 Jul 2018 00:44 wib.
Waspadai Bahaya Yang Tersembunyi di Kamar Tidur Anda

 

Kamar tidur adalah tempat yang paling nyaman dari sebuah rumah. Banyak orang akan sebisa mungkin menata kamar tidurnya agar semakin betah berada di dalamnya. Namun, pastikan kebersihan dan keamanannya terjaga karena tanpa disadari kamar tidur bisa menyimpan bahaya tersembunyi yang berdampak pada kesehatan. Berikut penjelasannya.

 

Pelarut cat berbahaya

Bahan pelarut tertentu pada cat dinding bisa menyebabkan pusing, sakit kepala, dan gangguan fungsi otak jika menguap dan terhirup. Sebaiknya gunakan cat berbasis air dengan campuran kasein, tanah liat, dan kapur yang lebih ramah lingkungan.

 

Karpet pemicu asma

Hasil penelitian telah membuktikan bahwa menggunakan karpet di dalam kamar memicu peningkatan kadar debu, alergen, dan mikroorganisme. Kondisi itu membuat Anda berisiko mengalami gangguan kognitif ringan, gejala iritasi, dan menyebabkan kambuhnya asma. Itu sebabnya kamar berkarpet harus lebih sering dibersihkan.

 

Jamur di bantal

Ganti sarung bantal sekali dalam seminggu karena permukaannya yang kotor dapat memperburuk jerawat, flek, dan peradangan kulit. Bantal juga sebaiknya diganti setiap dua tahun karena penelitian di Universitas Manchester menemukan bahwa sebagian besar bantal di kamar tidur mengandung banyak spesies jamur.

 

Bohlam memicu kerusakan kulit

Lampu neon hemat energi berpotensi membahayakan kulit dan membuat Anda terjaga di malam hari. Studi dalam Jurnal Dermatologi Inggris mengungkap bahwa lampu fluoresen ringkas (CFL) ternyata memancarkan sinar ultraviolet yang dapat menyebabkan kerusakan kulit dan ruam kemerahan.

 

Pengisi daya ponsel

Jika Anda merindukan tidur malam yang lebih nyenyak, jauhkan ponsel yang sedang diisi dayanya dari jangkauan. Tidur di samping pengisi daya ponsel membuat Anda susah tidur karena arus bolak-balik buatan manusia dapat mengganggu listrik bertegangan rendah alami dalam tubuh.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved