Vaping Dapat Membantu Beberapa Perokok Berhenti

Tanggal: 22 Jun 2018 20:58 wib.
Ada penelitian baru yang menunjukkan bahwa beralih ke rokok elektrik dapat membantu para perokok membuang kebiasaan mereka  bahkan jika awalnya mereka tidak berniat.

Penelitian kecil Inggris terhadap 40 orang "menemukan bahwa vaping dapat mendukung pantangan merokok jangka panjang," kata peneliti utama Dr Caitlin Notley, dari Norwich Medical School, di University of East Anglia, dalam rilis berita universitas.

Namun, pendukung anti-rokok di Amerika Serikat menekankan bahwa vaping bukan tanpa bahaya sendiri.

Pertama-tama, penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa mantan perokok yang melakukan vape sering kembali ke rokok tembakau, kata Dr. Len Horovitz, spesialis paru-paru di Lenox Hill Hospital di New York City.

Dan, "sementara pasti ada bahan kimia yang lebih berbahaya dalam asap rokok, ada pertanyaan tentang keamanan dalam e-rokok karena kehadiran propilen glikol, dan senyawa lain yang belum teridentifikasi," kata Horovitz.

Dalam studi baru, kelompok Notley meminta 40 orang yang menggunakan e-rokok tentang riwayat merokok mereka dan upaya sebelumnya untuk berhenti merokok, dan tentang kebiasaan vaping mereka. Investigasi didanai oleh Cancer Research UK.

Menurut Notley, penelitian ini mengungkapkan bahwa vaping menyediakan perokok dengan "banyak unsur fisik, psikologis, sosial dan budaya dari merokok." Di luar itu, vapers menggambarkan aktivitas itu sebagai "menyenangkan dalam dirinya sendiri, serta nyaman dan lebih murah daripada merokok," katanya.

"Tetapi hal yang sangat menarik yang kami temukan adalah bahwa vaping juga dapat mendorong orang-orang yang bahkan tidak ingin berhenti merokok, untuk akhirnya berhenti," kata Notley.

Sebagian besar peserta adalah perokok tembakau lama dan telah mencoba untuk berhenti berkali-kali, tetapi sekitar 17 persen mengatakan mereka menikmati merokok dan tidak pernah serius berusaha untuk berhenti merokok.

"Ini adalah orang-orang yang berhenti merokok," kata Notley. "Mereka tidak bermaksud untuk berhenti merokok dan mencoba vaping atas kehendak, atau karena mereka telah ditawari oleh teman-teman. Mereka terus menyukainya, dan baru kemudian melihatnya sebagai pengganti potensial untuk merokok."

Temuan menunjukkan "bahwa vaping adalah pengganti jangka panjang yang layak untuk merokok, dengan implikasi substansial untuk pengurangan bahaya tembakau," menurut Notley.

Tetapi advokat anti-merokok lain yang berbasis di AS setuju dengan Horovitz bahwa perokok - dan semua orang - harus mendekati rokok elektronik dengan hati-hati.

"Berkenaan dengan keselamatan mereka, meskipun aerosol e-rokok umumnya mengandung lebih sedikit bahan kimia beracun daripada asap dari rokok biasa, masih ada kekhawatiran," kata Andrea Spatarella, dari Pusat Pengendalian Tembakau di Kesehatan Northwell di Great Neck, N.Y.

"CDC juga melaporkan bahwa pengguna e-cigarette dewasa sering tidak berhenti merokok sepenuhnya, tetapi terus menggunakan produk vaping dan rokok," katanya. Intinya, kata Spatarella, adalah bahwa "analisis data pada utilitas e-rokok untuk berhenti merokok jangka panjang tetap merupakan pekerjaan yang sedang dalam proses."
Copyright © Tampang.com
All rights reserved