Usai Olahraga Pada Malam Hari, Sebaiknya Makan Atau Tidak?

Tanggal: 8 Mar 2018 01:53 wib.
Mungkin karena banyaknya kesibukan di siang hari, sebagian orang lebih memilih melakukan olahraga pada malam hari. Dengan alasan dari pada tidak olahraga sama sekali, olahraga pada malam hari memang tidak ada salahnya.  Yang menjadi pertanyaannya adalah apakah ketika selesai melakukan olahraga pada malam hari diwajibkan makan atau justru tidak boleh makan? Sedangkan lazimnya malam hari digunakan untuk tidur. Berikut pembahasannya untuk Anda.

Jangan sampai kelaparan setelah olahraga malam

Seorang ahli gizi Chyntia SASS, MPH, RD mengatakan bahwa alangkah baiknya tidak membiarkan perut kelaparan setelah olahraga pada malam hari. Anda harus memakan sesuatu untuk mengisi berbagai zat gizi yang hilang saat melakukan olahraga. Membiarkan tubuh Anda untuk tidak diisi kembali membuat Anda menjadi lebih lemah, rentan terhadap cedera, dan rentan mengalami masalah tidur.

Apa yang terjadi pada tubuh setelah berolahraga?

Setelah berolahraga tubuh akan menghabiskan persediaan glikogen, yakni bahan bakar yang digunakan untuk beraktivitas. Selain itu,  juga terjadi kerusakan serabut-serabut otot setelah melakukan gerakan-gerakan olahraga.

Saat kondisi tersebut terjadi, tubuh berusaha kembali untuk membangun simpanan glikogen dan memperbaiki serta menumbuhkan kembali protein dalam serat otot. Mengonsumsi makanan setelah berolahraga akan membantu tubuh Anda menyelesaikan semua pekerjaan pemulihan tersebut cepat selesai dengan optimal. Sehingga tubuh bisa dengan cepat bertenaga kembali, bukannya malah tambah lesu setelah berolahraga.

Apa yang sebaiknya dimakan setelah olahraga malam?

1. Jika Anda belum makan malam dan masih lapar

Pilih menu makan malam yang tinggi karbohidrat sebagai penyedia energi utama yang dibutuhkan tubuh setelah olahraga. Tak lupa protein sebagai zat yang membantu memperbaiki jaringan otot yang rusak setelah berolahraga. Contohnya, roti tawar semangkuk pasta, bunci dan wortel ataupun sepiring nasi merah dengan sepotong ikan.

2. Jika sudah makan malam dan tidak sanggup makan lagi

Jika Anda tidak makan malam dalam dua jam ke depan, atau Anda sudah makan malam sebelum berolahraga, setelah berolahraga Anda masih perlu ngemil. 

Setelah pulang dari tempat olahraga, segera ambil makanan yang mudah dan praktis bagi Anda. Tentunya makanan yang mengandung karbohidrat dan protein, misalnya: roti, kacang-kacangan, smoothie, atau pun yogurt dengan buah.

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved