Tips Melawan Kesepian

Tanggal: 8 Mar 2018 02:23 wib.
Setiap manusia pernah merasakan yang namanya kesepian. Kesepian adalah kondisi dimana kita merasa sendiri, terasingkan, galau,terpuruk, bahkan seolah dunia ini begitu cuek dengan keberadaan serta situasi yang sedang kita alami. Mengalami kesepian memang sangatlah tidak nyaman, makanya tidak heran orang berusah keras untuk melawannya. Tidak sedikit ketika orang mengalami kesepian mencoba melawannya dengan mengalihkan perhatian seperti menonton tv, tidur seharian, main gadget, dan sebagainya.

Pada kenyataannya menghilangkan kesepian tidaklah semudah itu. Memang terkadang apa yang Anda lakukan sebagai pengalih berhasil, namun hanya dalam beberapa saat saja, selebihnya Anda kembali terpuruk dan merasa kesepian. Mungkin Anda telah melakukan berbagai cara, namun tidak berhasil juga menghilangkan kesepian Anda. Jika demikian, cobalah tips sederhana berikut untuk mengembalikan semangat hidup Anda kembali optimis.


Menyadari sedang mengalami kesepian


Banyak orang menyangkal dirinya sedang kesepian. Dengan cara melakukan aktivitas-aktivitas yang sebenarnya tidak dapat membantu Anda menghilangkan kesepian Anda. Tidur seharian, nonton TV terus-terusan atau main gadget seharian tentu saja itu tidak akan membantu Anda, sebaliknya membuat Anda semakin bosan.

Langkah sederhana mengatasi kesepian adalah menerima kenyataan bahwa Anda memang sedang kesepian. Studi yang ditulis oleh Ami Rokach menyatakan bahwa penerimaan dan refleksi diri menjadi salah satu cara untuk mengubah dampak negatif kesepian menjadi sesuatu yang lebih positif.


Menyadari bahwa kesepian bisa dilawan


Saat mengalami kesepian, Anda berada di kondisi menyakitkan dan seolah hidup ini hampa. Sadarilah bahwa perasaan itu timbul dari dalam dirimu. Segala sesuatu yang berasal dari dalam diri Anda seharusnya Anda memiliki kekuatan untuk mengubahnya menjadi perasaan yang lebih positif.  Anda harus bisa mengendalikan emosi menjadi lebih baik.


Buat rencana melawan kesepian


Saat Anda menyadari bahwa kesepian bisa dilawan, maka jangan berhenti sampai disitu, buatlah rencana untuk lepas dari kesepianmu. Misalnya Anda hanya perlu menikmati quality time bersama orang Anda cintai seperti makan dengan Ibu Anda, lalu menceritakan segala keluh kesah padanya karena Ibu adalah sosok yang sudah bisa dipastikan menjadi pendengar yang baik bagi anggota keluarganya.


Menemukan hobby


Setiap orang tentu saja memiliki hobby melakukan  sesuatu. Temukan hal kesukaanmu dan lakukanlah itu secara rutin. Adapun hobby yang dapat menghilangkan stress bahkan kesepian seperti olahraga, photography, edit video, nge-vlog, bermain music bersama teman dan sebagainya.


Kurangi penggunaan sosial media


Dalam buku Alone Together, psikolog sosial Sherry Turkle berpendapat adanya hiperkoneksivitas melalui media sosial yang membuat seseorang menjadi lebih terasing satu sama lain dalam kehidupan nyata. Helena Backlund Wasling dari State University of New York Upstate Medical University di Sycaruse menyatakan bahwa kontak langsung dan tatap muka jauh lebih baik dilakukan daripada kontak di media sosial karena pada dasarnya manusia butuh sentuhan fisik agar merasa terhibur dan terhubung. Untuk itu, jangan pilih gadget dan sosial media sebagai alat menghilangkan kesepian, karena tak akan berhasil.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved