Tips Cerdas Jaga Daya Tahan Tubuh Selama Bulan Ramadhan

Tanggal: 16 Mei 2018 22:38 wib.
Puasa tidak menjadi penghalang buat kita untuk mempertahankan daya tahan tubuh. Namun, akan menjadi tantangan tersendiri buat Anda yang menjalankan ibadah puasa. Seperti diketahui selama bulan ramadhan kita akan berpuasa pada selama lebih dari 12 jam. Karenanya perlu perhatian khusus untuk menjaga kesehatan.

Jika Anda tidak memperhatikan kesehatan saat bulan puasa, maka penurunan daya tahan tubuh bisa menyebabkan munculnya virus dan menyerang tubuh, akibatnya mudah menjadi lealh bahkan jatuh sakit. Jika sampai sakit, maka pastinya puasa Anda menjadi terganggu bukan?

Untuk itu, perlu Anda ketahui tips menjaga daya tahan tubuh selama bulan puasa, caranya seperti berikut.

1. konsumsi makanan bergizi

mengingat saat berpuasa tidak boleh makan dan minum lebih dari 12 jam dari subuh hingga menjelang malam, maka perlu bagi tubuh Anda untuk mengonsumsi makanan yang bergizi tinggi saat buka puasa maupun saat sahur. Hal ini berguna untuk menyiapkan stock gizi dalam mempertahankan daya tahan tubuh Anda saat menjalani puasa.

Ada pun zat diantaranya mineral, berbagai macam vitamin, makanan yang mengandung protein, kalsium.

2. banyak air putih

Pastikan Anda meminum air putih cukup banyak selama bulan puasa. Hal ini berguna untuk mengantisipasi terjadinya dehidrasi pada tubuh Anda. Minumlah air putih yang banyak saat buka maupun saat sahur. Dengan meminum cukup air putih akan membantu cairan tubuh tetap terpenuhi dengan baik.

3.Istrahat yang cukup


Selama bulan puasa, jangan abaikan kesehatan tubuh Anda. salah satu caranya adalah dengan memperhatikan waktu istrahat. Atur dan seimbangkan waktu Anda dengan baik.
 
4. Tetap Berolahraga

Mungkin sebagian dari Anda tidak perlu berolahraga saat bulan puasa karena hanya menghabis energi tubuh yang nantinya akibatkan kesuhan pada tubuh. Perlu Anda ketahui adalah selama bulan Ramadhan, masih bisa berolahraga asal olahraganya cukup olahraga ringan saja misanya dengan gerakan-gerakan peregangan tubuh dan sejenisnya.

 

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved