Tinggal di Dekat Peternakan Dapat Membantu Mencegah Alergi

Tanggal: 2 Mei 2018 18:03 wib.
Sementara para ahli alergi telah lama mengetahui bahwa kehidupan bertani membantu mencegah alergi pada anak-anak, penelitian baru menunjukkan bahwa manfaatnya bahkan dapat menjangkau orang dewasa yang tinggal di dekat sebuah peternakan.

Temuan "menunjukkan efek kesehatan yang berpotensi menguntungkan hidup di dekat peternakan," kata tim yang dipimpin oleh Dr. Lidwien Smit, dari Universitas Utrecht di Belanda.

Seorang pakar AS mengatakan bahwa penelitian mendukung apa yang dikenal sebagai "hipotesis kebersihan". Teori ini menyatakan bahwa paparan awal terhadap pemicu alergi sistem kekebalan - yang disebut antigen - benar-benar membantu tubuh untuk melawan alergi.

Teori ini didukung "ketika didemonstrasikan bahwa anak-anak yang tumbuh di peternakan mengembangkan lebih sedikit asma dan penyakit atopik di kemudian hari," kata Dr. Alan Mensch, seorang pulmonolog di Plainview dan Syosset Hospitals di Long Island, N.Y.

"Ini termasuk alergi terhadap rumput, tungau debu, dan bahkan kucing dan anjing," katanya.

Tetapi apakah ada manfaat untuk hanya tinggal di dekat peternakan untuk orang-orang yang bukan petani atau peternak?

Untuk mencari tahu, kelompok Smit mensurvei 2.500 orang dewasa antara 20 dan 72 tahun yang tinggal di daerah pedesaan dekat peternakan.

Tim Belanda menemukan bahwa hampir 30 persen orang dewasa memiliki alergi. Dari orang-orang ini, hampir 12 persen alergi terhadap rumput, hampir 12 persen alergi terhadap tungau debu rumah, sekitar 5 persen alergi terhadap kucing dan sekitar 4 persen alergi terhadap anjing.

Tim kemudian melihat seberapa dekat rumah peserta dengan peternakan ternak apa pun. Kelompok Smit menemukan bahwa orang-orang yang tinggal di sekitar 1.000 kaki ternak 27 persen lebih kecil untuk memiliki alergi daripada mereka yang tinggal jauh.

Secara khusus, orang yang tinggal di sekitar 1.600 kaki peternakan babi 37 persen lebih mungkin untuk memiliki alergi daripada mereka yang hidup lebih dari kira-kira 1.900 kaki. Dan hidup tidak lebih dari 1.300 kaki dari peternakan sapi dikaitkan dengan risiko 32 persen lebih rendah untuk alergi, studi menemukan.

Dikelilingi oleh peternakan di dekatnya (sekitar 1.600 kaki) juga terkait dengan risiko 4 persen lebih rendah untuk alergi per peternakan, dan bagi mereka yang tinggal di dekat babi, risiko turun 14 persen untuk setiap peternakan.

Penelitian ini bersifat observasional sehingga tidak dapat membuktikan sebab dan akibat. Tetapi para peneliti mencatat bahwa efek perlindungan hidup di dekat sebuah peternakan meningkat dari waktu ke waktu, terutama ketika eksposur dimulai pada masa kanak-kanak.

Mensch mengatakan penelitian sebelumnya telah menyarankan bahwa orang-orang yang sangat bernafas di dekat peternakan mungkin melindungi terhadap alergi.

Dia menunjuk satu studi yang menemukan bahwa "peningkatan kadar komponen bakteri gram negatif yang berpotensi protektif sangat menonjol di atmosfer di sekitar peternakan dan melawan arah angin di daerah yang dekat dengan peternakan."

Mensch mengatakan bakteri "membantu" ini dapat meningkatkan mikrobioma manusia - kumpulan triliunan kuman bermanfaat yang hidup di tubuh kita. Dan "semakin sedikit kita terpapar berbagai mikrobiom yang lazim di peternakan, semakin besar kemungkinan kita untuk mengembangkan penyakit alergi," ia berteori.

Dr. Punita Ponda membantu mengarahkan alergi dan imunologi di Northwell Health di Great Neck, N.Y. Dia setuju dengan Mensch bahwa penelitian Belanda "memperkuat hipotesis higienis." Temuan ini juga "mirip dengan penelitian pribadi saya tentang peningkatan prevalensi alergi makanan pada anak-anak," katanya.

"Saya menduga ini adalah karena perubahan mikrobioma usus kita dari lingkungan yang terlalu higienis [perkotaan] dan paparan kedua antibiotik dosis rendah dalam suplai makanan dan pengobatan berlebihan yang berlebihan pada penyakit umum dengan antibiotik," Ponda menjelaskan. "Beberapa hasil awal memang menunjukkan perubahan dalam microbiome yang terkait dengan alergi makanan."
Copyright © Tampang.com
All rights reserved