Tidur Siang Dalam Islam dan Medis

Tanggal: 3 Nov 2017 22:19 wib.
 

Pernahkah kalian menahan kantuk? Atau berusaha tetap terjaga ketika mulut ini menguap lagi dan lagi? Ternyata ketika kita menahan kantuk, ada yang terjadi pada tubuh kita. Awalnya aku pikir ya biasa saja jika menahan kantuk. Ternyata..... Jika kantuk ditahan, jantung pasti akan berdetak lebih kencang. Sering, orang minum kopi untuk menahan kantuk. Namun ternyata minum kopi justru dapat meningkatkan resiko serangan jantung dan stroke. Menahan kantuk, seringnya terjadi pada malam hari ketika memang menuju jam tidur atau juga di siang hari! Nah, ketika kita merasa mengantuk di siang hari, justru disarankan memang kita melakukan tidur siang! Ini terbukti secara medis dan juga merupakan salah satu sunnah Rasul.

 

Yuk, kita coba selidiki lebih lanjut atas sunnah yang menyenangkan ini!

Tidur siang dapat meningkatkan daya ingat, dapat meningkatkan kerja otak dalam hal mengingat, membuat badan lebih segar, mengurangi kemungkinan terkena serangan jantung, memperbaiki emosi, juga meningkatkan memori prosedural, meningkatkan produktivitas, meningkatkan konsentrasi otak, menurunkan stres karena berkurangnya hormon stres kortisol saat tidur.

 

Dalam Islam, istirahat siang isi disebut qailulah. Qailulah ini juga dapat didefinisikan istirahat pada pertengahan siang walaupun tidak tidur.

Rasulullah bersabda,

“Qailulah-lah (istirahat sianglah) kalian, sesungguhnya setan-setan itu tidak pernah istirahat siang.” (HR. Abu Nu’aim dalam Ath-Thibb, dikatakan oleh Al-Imam Al-Albani dalam Ash-Shahihah no. 1637:  shahihul isnad).

 

Qailulah ini bisa dilakukan sebelum atau sesudah waktu dhuhur. Perihal Qailulah ini juga disebutkan dalam Ar Ruum ayat 23:

“Dan di anatara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah tidurmu di waktu malam dan saing hari dan usahamu mencari sebagian dari karuania-Nya. Sesuangguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan.”

 

Menurut Sara Mednick, seorang ilmuwan, tidur siang dapat meningkatkan persepsi sensorik sama efektifnya seperti tidur malam. Manfaat tidur siang juga meningkatkan kreativitas dengan memberikan berbagai ide baru dan membuka wawasan yang ada di otak anda. Selain itu tidur siang dapat meningkatkan mood kita.  Tidur siang juga efektif mengatasi insomnia.

 

Yuk, kita biasakan istirahat siang jika membutuhkan. Sebaik-baiknya bekerja adalah dengan tetap menyayangi tubuh sendiri.

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved