Tidur dengan Kondisi Gelap Lebih Baik, Ini Alasannya

Tanggal: 12 Feb 2018 14:11 wib.
Tampang.com - Tidur menjadi pilihan utama ketika tubuh membutuhkan istirahat dari kegiatan sepanjang hari. Dengan tidur, energi akan kembali terisi untuk persiapan esok hari.

Ada dua kelompok ketika tidur malam dilakukan. Pertama, mereka yang tidur dengan kondisi lampu menyala atau terang. Kedua, mereka yang tidur dengan kondisi lampu mati atau gelap.

Dari kedua kelompok tersebut, yang lebih baik dalam tidurnya adalah orang yang tidur dalam keadaan gelap. Berikut alasan mengapa tidur dengan kondisi gelap lebih baik, terutama untuk kesehatan.

Bisa mengatur kadar hormon melatonin

Biasanya, hormon melatonin dipicu dari cahaya. Saat tidur dalam keadaan gelap, produksi hormon melatonin akan lebih meningkat.

Hormon melatonin merupakan hormon antioksidan kuat yang mencegah sel pertumbuhan kanker, dan juga membantu mengontrol masalah kesehatan lainnya seperti, siklus haid, menopause, dan insomnia kronis.

Meningkatkan fungsi metabolisme tubuh

Ketika tidur dalam keadaan gelap, maka Anda bisa mendapatkan tidur yang lebih berkualitas. Dengan tidur yang berkualitas, tentunya Anda bisa tidur dan terbangun pada waktu yang sesuai. Hal ini bisa membantu menurunkan risiko berbagai penyakit seperti diabetes, sindrom metabolik, dan sacropenia (kehilangan otot).

Menurunkan resiko depresi

Siklus tidur yang sehat bisa membantu menyeimbangkan emosional. Jadi, bila Anda tidur dengan lampu keadaan menyala, maka bisa mengganggu kerja hormon melatonin yang dapat menyebabkan susah tidur. Inilah yang biasa menjadi penyebab utama terjadinya depresi.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved