Tes Darah Mungkin Memprediksi Kelahiran Prematur

Tanggal: 8 Jun 2018 12:08 wib.
Para peneliti telah mengembangkan tes darah yang dapat memprediksi risiko ibu hamil dari kelahiran prematur dengan akurasi hingga 80 persen.

Tes ini belum siap untuk prime time, menekankan peneliti senior Stephen Quake, seorang profesor di Stanford University di California. Ini masih harus divalidasi dalam penelitian yang lebih besar dari kelompok wanita yang lebih beragam, katanya.

"Dalam studi ini, kami telah menunjukkan bukti-prinsip," Quake menjelaskan. "Sekarang kita perlu uji klinis."

Harapannya, menurut Quake, adalah bahwa tes tersebut suatu hari dapat digunakan secara rutin untuk mengidentifikasi wanita yang kemungkinan akan melahirkan secara prematur.

"Saat ini, tidak ada cara untuk melakukan itu," katanya.

Di Amerika Serikat, lebih dari 9 persen kelahiran prematur - sebelum minggu ke 37 kehamilan. Dalam sebagian besar kasus tersebut, kata Quake, wanita secara spontan masuk ke dalam persalinan dan tidak jelas mengapa.

Tes darah baru, yang dijelaskan dalam edisi 8 Juni Science, mendeteksi tingkat "RNA bebas sel" dari tujuh gen spesifik. RNA adalah molekul pembawa pesan yang membawa informasi genetik ke mesin pembuat protein sel-sel Anda. Bit RNA "sel-bebas" dapat diukur dalam darah.

Tim Quake menemukan bahwa, pada wanita dengan peningkatan risiko persalinan prematur, tes darah memprediksi persalinan prematur dengan akurasi 75 hingga 80 persen. Menurut Quake, tingkat akurasi itu cukup bagus untuk digunakan dalam latihan rutin - tetapi lebih banyak pekerjaan diperlukan untuk melihat apakah kinerja tersebut bertahan dalam penelitian yang lebih besar.

Studi akan perlu untuk memasukkan wanita dari berbagai ras dan etnis, kata Quake - serta wanita yang tidak dikenal pada peningkatan risiko kelahiran prematur.

Dr Kelle Moley adalah wakil presiden senior dari March of Dimes, yang sebagian membiayai penelitian.

Moley mengatakan ada sekitar 15 juta kelahiran prematur di seluruh dunia setiap tahun, dan angka di Amerika Serikat baru-baru ini naik sedikit. Jadi ada kebutuhan besar untuk tes yang dapat membantu memprediksi pengiriman awal.

Dia menambahkan bahwa hasil baru "menarik," sebagian karena itu adalah tes darah sederhana yang berpotensi menjadi tersedia secara luas. Tetapi Moley setuju bahwa uji klinis - termasuk kelompok wanita yang lebih beragam - diperlukan.

Untuk penelitian ini, tim Quake pertama-tama mengikuti 31 wanita Denmark yang memberikan sampel darah setiap minggu selama kehamilan. Para peneliti mampu mengidentifikasi RNA bebas sel dari sembilan gen yang memprediksi tanggal kematian seorang ibu: Tes darah yang mengukur tingkat RNA akurat sekitar 45 persen dari waktu - yang, para peneliti mencatat, sebanding dengan yang pertama - ultrasound perawan.

Selanjutnya, para peneliti mempelajari 38 wanita Amerika yang mengalami peningkatan risiko kelahiran prematur - baik karena mereka melahirkan sebelum waktunya, atau telah mengembangkan kontraksi awal. Setiap wanita memberikan sampel darah selama trimester kedua atau ketiga; 13 akhirnya disampaikan sebelum waktunya.

Tim Quake menemukan bahwa tingkat RNA dari tujuh gen dapat memprediksi persalinan prematur dengan tingkat akurasi yang lebih tinggi.

Sebagian besar gen yang terlibat berasal dari ibu, para peneliti melaporkan. Dengan mempelajari gen-gen itu, kata Quake, para peneliti bisa belajar lebih banyak tentang penyebab persalinan prematur - dan mungkin mengembangkan obat untuk menghentikannya.

Itu menyoroti "pertanyaan besar," Moley berkata: Jika tes darah ini - atau tes lain - menjadi tersedia, apa yang dapat dilakukan untuk mencegah seorang wanita memasuki persalinan prematur?

Saat ini, katanya, beberapa wanita yang berisiko melahirkan prematur dapat diberikan suntikan hydroxyprogesterone - versi sintetis dari hormon progesteron yang dapat membantu mencegah persalinan dini. Tetapi tidak semua wanita berisiko bisa mendapatkan perawatan - hanya untuk mereka yang hamil dengan satu bayi, misalnya - dan itu tidak selalu berhasil.

Moley setuju bahwa temuan baru mungkin membantu dalam memahami biologi persalinan prematur - yang dapat mengarah pada cara-cara baru untuk mencegahnya.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved